Hampir semua orang suka dengan yang namanya coklat. Tak hanya memiliki rasa yang enak dan nikmat, jenis makanan yang satu ini kaya akan manfaatnya untuk kesehatan. Tapinya, banyak orang yang beranggapan bawah coklat akan membuat badannya gemuk.

Didalamnya, coklat mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya ialah flavonoid yang merupakan senyawa antioksidan yang krusial untuk kesehatan. Bagi anda para pecinta coklat, tentunya hal ini akan menjadi kabar baik karena anda akan memperoleh banyak manfaat dari konsumsi coklat. Dibawah ini adalah beberapa manfaat coklat yang perlu anda ketahui.

1. Memperlancar aliran darah di dalam tubuh

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kandungan yang dimiliki coklat hitam dapat menjadikan tekanan darah sistolik menyusut, sehingga memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Hal ini terjadi berkat kandungan senyawa flavonoid yang dimilikinya yang menjadi antioksidan alami di dalam tubuh.

2. Mendongkrak produksi insulin

Manfaat coklat yang selanjutnya adalah mendongkrak produksi insulin di dalam tubuh. Sebuah studi yang didalamnya melibatkan 15 orang responden menyebutkan bahwa mereka yang mengasup coklat hitam dan coklat putih bisa meminimalisir tingkat resistensi insulin di dalam tubuh. Dengan demikian, resiko seseorang mengidap diabetes menjadi menurun.

3. Menurunkan berat badan

Banyak orang yang beranggapan jika mengasup coklat akan membuat tubuhnya menjadi gemuk. Padahal, anggapan itu tidaklah benar apabila tidak dikonsumsi secara berlebih. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa coklat dapat menjadikan seseorang merasa lebih kenyang, layaknya buah apel dan jambu biji. Dengan demikian, coklat sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan diet sehat. Namun perlu diingat, camilan sehat ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

4. Meminimalisir resiko penyakit jantung

Sebuah studi juga membuktikan bahwa mengasup coklat hitam dapat menghindarkan seseorang dari resiko penyakit jantung, yakni sebesar 50%. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit melambat saat penderita penyakit jantung ini mengasup coklat hitam. Tentunya hal ini begitu krusial lantaran saat trombosit mengalami pembekuan, maka akan membentuk blok pada pembuluh darah yang menjadikan seseorang terkena serangan jantung.

5. Meningkatkan kecerdasan otak

Coklat hitam kaya akan kandungan flavanoid yang dapat membantu anda terhalau dari stress serta mendongkrak tingkat kecerdasan otak. Pasalnya, kandungan yang dimiliki coklat ini dapat memperlancara aliran darah di dalam tubuh ke bagian kunci otak sampai 3 jam. Dengan demikian, coklat dapat menjadikan seseorang dapat berpikir dengan lebih baik dan mempunya kinerja yang lebih baik juga.

6. Menyembuhkan diare

Manfaat coklat yang perlu anda ketahui adalah untuk mentahirkan diare. Sebagian besar orang lebih mengenal tanaman, seperti daun jambu untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut. Sebenarnya, manfaat coklat juga krusial untuk anda yang mengalami diare. Bahkan sejumlah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan pun telah memperkuat pernyataan tersebut. Untuk itu, bagi anda yang sedang dilanda diare, tak ada salahnya jika anda mengkonsumsi coklat hitam untuk mengatasinya.

7. Mengurangi rasa lelah

Manfaat coklat yang lainnya adalah mengurangi rasa lelah. Pasalnya, kandungan yang terkandung di dalam coklat hitam dapat mendongkrak kinerja neurotransmitter yang dapat menjadikan seseorang lebih santai, nyaman, dan lebih bahagia. Apabila diasup dengan jumlah yang tepat, jenis makanan yang satu ini akan mampu membantu anda melenyapkan stress dan menghindari seseorang mengidap anemia, serta penyakit lainnya yang berkaitan dengan gangguan tidur dan kelelahan.