yandex
Kesehatan

Segudang Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat buah sirsak memang sudah tak perlu diragukan lagi. Memang, jenis buah yang satu ini tak banyak orang yang meminati. Namun ada juga sebagian dari mereka yang menyukainya lantaran tidak hanya mempunyai rasa yang enak, buah ini juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, banyak perusahaan makanan maupun minuman ternama yang menggunakan buah sirsak sebagai salah satu rasa dari produknya hanya untuk menarik ketertarikan para konsumennya saja.

Tahukah anda tentang manfaat buah sirsak untuk kesehatan? tanaman berbiji tunggal ini ternyata mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, utamanya untuk mentahirkan penyakit maupun meningkatkan imunitas tubuh.

Di Indonesia, buah sirsak sangat mudah dijumpai. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah yang lembab dan untuk merawatnya tidaklah sulit. Tak heran jika tanaman ini banyak kita jumpai di lingkungan sekitar atau di pekarangan rumah. Dibawah ini adalah beragam manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Mencegah Anemia

Bagi anda penderita anemia sampai mengalami pusing, lemas, dan berujung pingsan, mengasup buah sirsak adalah pilihan yang terbaik karena jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan zat besi yang bermanfaat untuk mendongkrak pembentukan sel darah merah.

Apabila anda tidak menyukai rasa asam yang dimilikinya, anda bisa mengasupnya dalam bentuk minuman segar atau jus. Cara ini sudah terbukti sangat ampuh untuk dimanfaatkan untuk para penderita anemia.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Tak hanya memiliki rasa enak dan menyegarkan, kandungan vitamin dan antioksidan yang dimiliki buah sirsak mampu mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengasup 300 gram buah sirsak dapat memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan tubuh setiap harinya.

Buah sirsak juga kaya akan kandungan vitamin C yang sangat krusial untuk meningkatkan imunitas tubuh. Apabila hanya dengan mengasup buah sirsak anda bisa menjadi lebih sehat, untuk apa anda mesti mengkonsumsi obat-obatan yang sebagian besarnya menggunakan bahan dasar kimia.

3. Mencegah Osteoporosis

Khasiat buah sirsak juga sangat membantu pertumbuhan tulang pada anak berkat kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Tidak hanya itu, dengan mengasup jenis buah yang satu ini juga dapat membantu anda untuk mencegah osteoporosis.

4. Mengatasi Ambeien dan sembelit

Gangguan pencernaan, seperti ambeien dan sembelit dapat diatasi dengan manfaat buah sirsak. Dengan mengasup buah sirsak, rasa sakit yang muncul akibat penyakit tersebut dapat berkurang. Pasalnya, sirsak merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan serat sehingga mampu memperlancar sistem cerna dan mencegah sembelit yang disebabkan oleh kurangnya asupan serat di dalam tubuh.

5. Memperbaharui energi

Setelah lelah beraktivitas seharian penuh, tentunya anda bakal kehilangan banyak energi. Dalam hal ini, anda bisa mengasup buah sirsak yang didalamnya mengandung karbohidrat yang bisa diubah menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Salah satu manfaat buah sirsak untuk kesehatan adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan serat sehingga sangat krusial untuk memperlancar sistem cerna makanan di dalam tubuhdan memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Jika anda yang sering menderita sembelit, cobalah untuk mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dan dalam jumlah yang tepat.

Nah, itulah beragam manfaat buah sirsak yang perlu kita ketahui. Tak sedikit oang yang mengasup buah sirsak sebagai obat herbal lantaran mengandung nutrisi penting yang diklaim mampu mentahirkan beragam penyakit, mulai dari penyakit ringan maupun yang serius.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button