yandex
Kesehatan

Segudang Manfaat Buah Nangka dan Kemanjurannya Untuk Kesehatan

Nangka merupakan salah satu jenis buah yang tentunya sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat. Buah yang memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus Lam ini tidak hanya memiliki rasa yang manis dan juga lezat, tapinya juga kaya manfaatnya untuk kesehatan.

Mengasup buah-buahan, semestinya sudah menjadi kebiasaan yang harus diterapkan oleh masyarakat saat ini. Pasalnya, buah menyimpan kandungan nutrisi yang tinggi sehingga memberikan kontribusi yang besar untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah buah nangka.

Perlu kita ketahui, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C, Kalium, riboflamin, niasin, vitamin A, Kalsium, zat besi, dan juga seng. Didalmnya, buah nangka juga kaya akan serat, sehingga sangat krusial bagi pengidap penyakit jantung. Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah nangka yang perlu anda ketahui.

1. Memelihara kesehatan sistem pencernaan

Nangka merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat. Kandungan serat yang dimilikinya ini mampu merangsang pergerakan peristaltik serta mendongkrak sekresi asam lambung. Kondisi tersebut menjadikan sistem cerna lebih lancar, mencegah sembelit, serta memproteksi tubuh dari beragam jenis penyakit yang lebih kompleks, seperti kanker kolorektal.

2. Mencegah diabetes karena kandungan gulanya rendah

Manfaat buah nangka selanjutnya adalah untuk mencegah seseorang mengidap penyakit diabetes. Pasalnya, jenis buah yang satu ini memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah, sehingga baik diasup oleh para penderita diabetes.

Seseorang yang mengidap diabetes, perlu menghindari asupan makanan yang tingkat indeks glikemiknya tinggi. Pasalnya, jenis makanan seperti ini akan mudah melonjakan insulin di dalam tubuh. Kadar gula yang dimiliki dalam buah nangka ini lebih lambat diserap oleh darah, sehingga menghalau terjadinya pengendapan gula. Hal ini juga berpengaruh pada terjadinya perubahan suasana hati seseorang.

3. Menurunkan tekanan darah

Didalamnya, buah nangka juga kaya akan kandungan potasium yang mampu meminimalisir serta mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Dengan demikian, buah nangka juga mampu mencegah seseorang mengidap penyakit stroke, jantung, dan kelainan cardio lainnya.

4. Mentahirkan kanker

Manfaat buah nangka lainnya adalah mentahirkan penyakit kanker. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C, dan phytonutrient. Beragam penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker kulit, kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker prostat dapat dilenyapkan oleh khasiat buah nangka. Tak hanya itu, kandungan yang dimiliki oleh jenis buah yang satu ini juga ampuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak serta mendongkrak sistem imun tubuh.

5. Melawan infeksi

Manfaat buah nangka apabila diasup dengan takaran yang pas juga dapat melawan infeksi. Didalamnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan larut yang mampu membantu tubuh meningkatkan ketahanan terhadap infeksi serta mampu melenyapkan radikal bebas di dalam tubuh.

6. Melenyapkan masalah insomnia

Manfaat buah nangka juga dapat dimanfaatkan untuk melenyapkan masalah insomnia. Pasalnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan besi dan magnesium yang mamp mengoptimalkan kualitas tidur seseorang. Tak hanya itu saja, jenis buah yang satu ini juga mampu mencegah anemia.

7. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin A ini sangat vital untuk meningkatkan kesehatan mata. Didalamnya, buah nangka juga miliki kandungan anti-aging yang mampu melenyapkan resiko kerusakan kulit akibat adanya paparan sinar matahari langsung. Tidak hanya itu, buah nangka juga mampu meluputkan masalah kerutan maupun keriput pada wajah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button