yandex
Kesehatan

Segudang Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Di Indonesia, air kelapa merupakan salah satu jenis minuman yang diminati banyak orang. Tak hanya mempunyai rasa yang manis dan mampu menghilangkan dahaga, faktanya air kelapa juga mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan. Umumnya, salah satu khasiat air kelapa yang banyak diketahui adalah mencegah dehidrasi.

Tidak hanya airnya, manfaat kelapa muda juga sangat penting lho untuk kesehatan tubuh. Jenis kelapa ini sangat nikmat bila dinikmati dengan campuran es dan jenis buah-buahan lainnya seperti es campur, sop buah, dan lain sebagainya. Dibawah ini merupakan 7 manfaat air kelapa untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Air kelapa, menyimpan sejuta nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti niasin, piridoksin, riboflavin, thiamin, dan juga folat. Tak hanya itu, air kelapa juga mengandung zat antioksidan yang mampu mendongkrak sistem imunitas tubuh, melenyapkan bakteri, virus, dan radikal bebas lainnya di dalam tubuh. Di dalam air kelapa juga terkandung asam laurat yang berperan penting sebagai antivirus, antijamur dan antibakteri.

2. Mengatasi Dehidrasi

Manfaat air kelapa yang paling umum dikenal masyarakat adalah ‘memberantas’ dehidrasi di dalam tubuh. Pasalnya, air kelapa menyimpan senyawa elektrolit serta nutrisi yang hampir menyerupai cairan tubuh. Hal itu membuat air kelapa sangat krusial untuk mencegah tubuh dari dehidrasi.

3. Membantu program diet

Manfaat air kelapa yang satu sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani program diet. Air kelapa mengandung kalori dan lemak yang rendah, sehingga aman diasup dalam takaran yang cukup banyak. Bagi anda yang sedang diet, masukkan air kelapa dalam menu makan anda setiap harinya terutama sebelum mengkonsumsi makanan lantaran air kelapa mudah diserap oleh tubuh dan menimbulkan rasa kenyang.

4. Melancarkan pencernaan

Perlu kita ketahui, air kelapa menyimpan enzim bioaktif, seperti RNA polymerase, diastase, katalase, asam folat, peroksidase, dehydrogenase, serta fosfatase yang mampu memperlancar sistem cerna dan metabolisme di dalam tubuh. Mengasup air kelapa juga ampuh untuk melancarkan keluarnya air seni serta melarutkan batu ginjal lantaran mengandung kalium yang sangat krusial untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

5. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa lain yang bisa kita dapatkan adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Mengasup air kelapa secara teratur sangat efektif untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh lantaran kaya akan kandungan kalium. Tak hanya itu, air kelapa juga diyakini mampu meningkatkan kolesterol baik yang krusial untuk mencegah penyakit jantung.

6. Bermanfaat untuk wanita hamil

Sejatinya, setiap wanita hamil membutuhkan air lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang tidak sedang mengandung. Kekurangan cairan di dalam tubuh akan berimbas terhadap beragam masalah kesehatan, seperti kram, sakit kepala, serta memicu persalinan prematur.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil utamanya adalah untuk mengatasi dehidrasi lantaran mengandung elektrolit dan isotonic yang tinggi. Air kelapa juga sangat krusial untuk menjaga kebersihan air ketuban. Meski demikian, wanita hamil disarankan untuk mengasup air kelapa muda ketika usia kehamilan 6 bulan dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Anda juga dianjurkan untuk langsung mengasup air kelapa setelah kelapa di belah dan jangan meminumnya apabila rasanya sudah menjadi asam. Namun ingat, ada beberapa ibu hamil yang sangat rentan terhadap makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, sebaiknya anda mengkonsultasikannya dulu lantaran setiap wanita hamil membutuhkan perhatian khusus.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button