Pada beberapa hari yang lalu, Samsung telah mengkonfirmasikan waktu peluncuran ponsel pintar teranyarnya, yakni Samsung Galaxy S8. Smartphone ini dirancang dengan spesifikasi serta teknologi yang lebih mumpuni jika dibandingkan dengan keluaran sebelumnya. Nah, lalu apa saja spesifikasi yang dimiliki perangkat ponsel ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Dari bagian layarnya sendiri, smartphone ini dirancang dengan tepi layar yang tipis dan mengandalkan layar lengkung dua sisi yang berkolaborasi dengan panel Super Amoled Display yang memiliki resolusi sebesar 1440 x 2560 pixels dan menghasilkan kerapatan layar mencapai 506 ppi. Tak ketinggalan, Samsung juga membalutnya dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass yang dapat memproteksinya dari benturan dan juga goresan.

Pada bagian belakangnya, pabrikan ponsel asal Korea Selatan ini juga membalutnya dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang mampu menyempurnakan tampilannya dan menjamin keamanannya. Sementara untuk framenya sendiri, Samsung mengandalkan material metal yang sudah tak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Samsung Galaxy S8 dirancang dengan dimensi panjang sebesar 140.1 mm, tebal 7.3 mm, dan lebar sebesar 72.2 mm. Terbenam fitur fingerprint sensor yang terdapat di bagian belakangnya. Tapinya sayang smartphone ini tidak mengadopsi ultrasonic fingerprint sensor yang dalam penggunaannya hanya ditempelkan di atas layar.

Meski demikian, Samsung Galaxy S8 memiliki bodi yang tahan debu dan air, lantaran telah disempurnakan dengan sertifikat IP68. Menariknya lagi, smartphone ini juga dibekali dengan fitur Touchwiz UI serta fitur Always On-Display yang berpadu dengan sistem operasi Android Nougat 7.0.

Selanjutnya di sektor dapur pacunya, smartphone ini diperlengkapi dengan chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 yang disempurnakan dengan processor berkecepatan Quad Core 2.45 Ghz Kryo dan Quad Core 1.9 Ghz Kryo. Tak hanya itu, terbenam pula pengolah grafis yang mumpuni dari GPU Adreno 540 untuk menyempurnakan performanya.

Untuk penyimpanannya sendiri, Samsung Galaxy S8 dipersenjatai dengan RAM berkapasitas 4GB dan memori internal yang tersedia dalam dua pilihan, yakni 64GB dan 128GB. Lebih dari itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan slot microSD yang mampu memperluas ruang penyimpanannya hingga mencapai 256GB.

Sementara di bagian suplai dayanya, Samsung memperlengkapinya dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang dapat dioptimalkan pengisiannya dengan hadirnya teknologi Fast Charging. Hebatnya lagi, smartphone ini juga hadir dengan dilengkapi fitur sensor iris scanner yang terbenam di bagian depannya.

Sebanding dengan harga Samsung Galaxy S8 yang cukup mahal, smartphone ini mengandalkan dua sistem keamanan biometrik yang mampu memberikan keamanan yang mumpuni bagi para penggunanya dalam hal penyimpanan data.

Terlebih Samsung juga memperlengkapi ponsel terbarunya dengan beragam fitur konektivitas yang lengkap, seperti jaringan 4G LTE dan port USB Type-C. Terbenam pula sejumlah sensor pendukung lainnya, seperti gyro, compass, heart rate, accelerometer, proximity, barometer, dan juga SpO2.

Kemudian di sektor fotografinya, Samsung Galaxy S8 hadir dengan mengandalkan kamera belakang beresolusi 12 Megapixels, dengan lebar aperture f/1.7 sehingga mampu menghasilkan foto yang jernih, tajam, dan kaya akan warna.

Kamera pada ponsel ini juga disempurnakan dengan fitur LED Flash, OIS, Phase Detection Autofocus dan memilki kemampuan merekam video 4K. Sementara pada bagian depan ponsel ini, terbenam kamera berkekuatan 8 megapixel yang sama-sama mengadopsi lebar aperture f/1.7.

Smartphone Samsung Galaxy S8 bakal diperkenalkan secara resmi pada 29 Maret 2017 mendatang di New York. Satu bulan setelah peluncuran tersebut, ponsel ini dikabarkan bakal dipasarkan dan harga Samsung S8 ini dibanderol di kisaran €799 atau setara dengan Rp 11 jutaan.