Sepanjang tahun 2016, semakin banyak bermunculan pemain muda berbakat yang mampu tampil dengan begitu mengesankan di setiap pertandingan. Hal itu lantas menjadikannya mampu dipercaya untuk masuk dalam skuad utama di klub. Performa yang berkualitas di usia mudanya itu mampu menjadi nilai plus bagi mereka dalam menjalani karirnya di dunia sepak bola.

Alasan ini jugalah yang menjadikan para pelatih lantas mempercayakan mereka untuk menempati posisi utama kepada para pemain-pemain muda mereka. Tak hanya itu, kepiawaian yang istimewa juga menjadi faktor lainnya yang menjadikan mereka mampu bersinar di lapangan. Keberanian sejumlah klub dalam memainkan pemain muda menjadi salah satu faktor yang memunculkan beragam talenta hebat di dunia sepak bola.

Berkat kepiawaian mereka yang luar biasa sepanjang tahun 2016 di setiap pertandingan, nama mereka berhasil mencapai popularitas. Untuk mempertahankan posisi di skuad utama, tentunya mereka dituntut untuk tetap selalu konsisten di dalam lapangan. Dibawah ini akan dibahas siapa saja pemain muda berbakat dunia yang paling bersinar di sepanjang tahun 2016.

1. Samuel Umtiti

Seperti yang telah kita ketahui, Samuel Umtiti dikenal sebagai pemain muda berbakat yang telah bermain di papan atas selama lima musim. Tapinya, 2016 adalah tahun keemasannya bersama Lyon. Pemain berusia 23 tahun itu sukses menuai karir yang gemilang berkat keberhasilannya menjawarai Euro 2016.

Bahkan ia pun didaulat sebagai pemain terbaik Lyon yang dipilih berdasarkan pilihan fans. Saat ini, pemain kelahiran 14 November 1993 itu telah berganti kostum di Barcelona FC. Demi mendapatkan Umtiti, Barca harus menggelontorkan dana yang cukup besar, yakni 25 juta euro.

2. Gianluigi Donnarumma

Salah satu pemain muda berbakat yang paling bersinar di sepanjang tahun 2016 adalah Gianluigi Donnarumma. Pemain muda berusia 17 tahun itu telah mampu menampilkan performanya yang begitu gemilang di setiap lapangan. Walaupun ia baru memulai debutnya pada tahun 2015 di AC Milan, tapinya status sebagai pemain utama sudah didapatkannya.

Bahkan Gianluigi Donnarumma sukses tampil mengesankan ketika bermain dalam pertandingan persahabatan melawan Prancis di Italia. Kini, pemain kelahiran 25 Februari 1999 itu menjadi penjaga gawang termuda yang mampu tampil di klub senior Italia. Bahkan, Gianluigi dinilai sebagai asset yang paling berharga bagi AC Milan.

3. Marcus Rashford

Marcus Rashford merupakan salah satu pemain terbaik kepunyaan Manchester United. Pemain berusia 19 tahun itu mulai mendapatkan kesempatan bermain di tim utama sejak Anthony Martial mengalami cedera yang cukup serius. Performanya di dalam lapangan pun begitu mengesankan, yakni dengan menciptakan dua gol dalam pertandingan pertamanya di Liga Europa. Hingga akhirnya, ia pun mampu merampungkan musim dengan perolehan 8 gol.

4. Ousmane Dembele

Pemain muda berbakat selanjutnya jatuh kepada Ousmane Dembele. Pemain berkebangsaan Prancis itu berhasil memikat perhatian selama bergabung dengan Borussia Dortmund. Tak heran jika banyak klun-klub besar Eropa yang terpikat dengan kemampuannya dan tertarik untuk merekrutnya. Dembele dikenal sebagai sosok pemain yang memiliki kecepatan serta kontrol yang sangat baik.

Bahkan, saat ini pemain berusia 19 tahun itu berhasil dijadikan sebagai pemain paling penting dan banyak yang menjagokannya untuk merebut Ballon d’Or di masa yang akan datang. Saat ini, Dembele telah mampu mengoleksi 4 gol dalam 15 laga di Bundesliga. Dalam beberapa musim ke depan, kabarnya ia akan bergabung bersama Barcelona.

5. Renato Sanches

Nama Renato Sanches juga sukses menjadi pemain muda berbakat yang paling bersinar di tahun 2016. Dirinya berhasil menjawarai penghargaan Golden Boy dan mampu menaklukan nama-nama pemain lainnya, seperti Marcus Rasford.

Bahkan, sepanjang tahun 2016 kemarin, pemain berkebangsaan Portugal itu berhasil menjawarai sejumlah kompetisi bergengsi seperti Euro 2016, Piala Liga, dan juga Liga Primeira Portiga. Kabarnya, saat ini Bayern Munchen tertarik untuk merekrutnya dan mereka harus menggelontorkan dana sebesar 35 juta euro.