Samsung kembali meluncurkan smartphone terbarunya yang membidik pasar di kalangan menengah bawah yang banderolnya dibawah 1 jutaan, yakni Samsung Z2. Meski harganya murah, namun ponsel pintar ini tidak memiliki spesifikasi yang murahan.

Perusahaan asal Korea Selatan itu menghadirkan Samsung Z2 dengan layar berdimensi 4.4 inci yang memiliki resolusi sebesar 480 x 800 pixels yang mampu menghasilkan kerapatan layar 233 ppi pixel density, dengan hasil gambar yang jernih dan berkualitas sehingga cocok digunakan untuk bermain game maupun menonton film. Lebih dari itu, smartphone ini juga disenjatai dengan teknologi TFT capacitive touchscreen untuk mempermudahkan para penggunanya untuk mengakses dan mengoperasikan ponsel ini.

Samsung Z2 dibenami dengan fitur konektivitas yang cukup lengkap seperti jaringan 2G GSM dan Dual Micro-SIM. Teknologi GSM yang disemati di dalam ponsel ini dapat mempermudah para penggunanya untuk bertelepon maupun sms dengan lancar.

Untuk koneksi internetnya, Samsung melengkapi smartphone ini dengan jaringan 2G / EDGE, 3G HSPA +, jaringan super cepat LTE Cat4 berkecepatan 150.8/51.0 Mbps. Fitur konektivitas yang dimiliki ponsel inilah yang menjadikannya terlihat tidak murahan. Dengan teknologi jaringan yang memadai, tentunya Samsung Z2 mampu memanjakan para penggunanya sesuai dengan kebutuhannya.

Lebih dari itu, tersedia juga beberapa fitur penting lainnya pada smartphone ini, yakni seperti WiFi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth v4.0, A2DP dan USB microUSB v2.0 USB On-The-Go, sehingga mempermudah para penggunanya dalam memindahkan aplikasi atau data-data ke perangkat lain dengan mudah dan cepat.

Di sektor fotografinya, Samsung Z2 disenjatai dengan kamera belakang berkekuatan 5 MP dengan resolusi 2592 x 1944 pixels dan didukung oleh beragam fitur menarik seperti Led Flash, Panorama, Face detection, Exposure compensation, Scene mode, Digital zoom, Geotagging, HDR, White balance settings, Self-timer, dan Video 720p@30Fps sehingga mampu menghasilkan gambar serta video yang berkualitas dan memuaskan.

Selain itu, smartphone ini juga dibenami dengan kamera sekunder VGA yang dapat digunakan untuk foto selfie maupun video call. Namun sayang, hasilnya gambar yang dihasilkan tidak sebagus kamera belakangnya. Hal ini sangat wajar, mengingat harganya yang tidak melebihi angka 1 juta.

Di sisi dapur pacunya, smartphone Samsung Z2 mengusung teknologi teranyarnya yakni Tizen OS, v2.4 dan processor Quad Core 1.5 Ghz yang dikolaborasikan dengan chipset Spreadtrum SC9830A serta pengolah grafis yang mumpuni dari Mali-400MP2. Performanya semakin meningkat berkat dibenaminya ponsel ini dengan RAM berkapasitas 16GB, yang membuat perangkat ini mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dengan kapasitas yang cukup besar.

Secara keseluruhan, performa yang dihasilkan Samsung Z2 ini tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy J1 yang mengusung Quad Core 1.5 Ghz yang dikolaborasikan dengan chipset Spreadtrum SC9830A dan pengolahan grafis bertipe Mali-400MP2.

Di sisi penyimpanannya, smartphone Samsung terbaru ini dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 8GB untuk mempermudah penggunanya dalam menyimpan file berukuran besar. Menariknya lagi, Samsung Z2 juga dibekali dengan slot microSD yang memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan lebih banyak lagi aplikasi dan data di dalam ponsel hingga maksimal 32GB.

Meski dibanderol dengan harga yang murah, namun spesifikasi yang dimilikinya tetap mumpuni. Salah satunya dengan dibenaminya smartphone ini dengan baterai berkapasitas 1500 mAh bertipe Li-Ion. Apabila kapasitasnya dirasa kurang, anda bisa memanfaatkan power bank ketika bepergian, sehingga penggunanya akan semakin puas ketika mengakses aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya.