Samsung kembali meresmikan peluncuran smartphone anyarnya yang mengusung nama Samsung Galaxy A8 edisi 206. Smartphone ini dirancang dengan balutan frame berbahan metal yang tipis dan tampak begitu elegan dan mengesankan.

Apabila dibandingkan dengan Galaxy A7, ponsel pintar ini mempunyai bodi yang lebih slim yakni hanya 5.9 mm dan dimensinya sebesar 158 x 76.8 x 5.9. Galaxy A8 juga hadir dengan bobot hanya 151 g saja. Untuk bagian layarnya sendiri, smartphone ini mengusung layar berdimensi 5.7 inci yang punya resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan menghasilkan kerapatan layar sebesar -386 ppi sehingga menjadikan perangkat ini mampu menampilkan kualitas layar yang jernih dan tajam.

Selain itu, layar pada smartphone ini juga dibenami dengan teknologi Super Amoled yang memiliki 16 juta warna, sehingga menjadikan ponsel ini semakin mumpuni ketika digunakan untuk menampilkan konten multimedia dengan menawarkan grafis yang berkualitas.

Resmi dirilis dengan 3 pilihan warna yang beragam, yakni Champagne Gold, Midnight Black, dan Pearl White, layar smartphone Samsung Galaxy A8 juga dibalut dengan lapisan Gorilla Glass 4 yang mampu melindungi perangkat ini terhadap goresan tatkala ponsel terjatuh.

Di bagian penyimpanannya, Samsung Galaxy A8 disenjatai dengan memori internal berkapasitas 16 GB, lengkap dengan dibenaminya slot microSD yang memungkinkan penggunanya untuk memperluas ruang penyimpanannya hingga mencapai 64GB. Tak hanya itu, tersedua pula RAM berkapasitas 2GB sehingga menjadikan ponsel ini memiliki performa yang mumpuni saat dioperasikan untuk bermain game maupun menjalankan beragam aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Samsung menyempurnakan performanya dengan membekalinya dengan sistem operasi Android Lollipop anyar yang disokong dengan user unterface Samsung TouchWiz UI, layaknya pada smartphone pendahulunya seperti Samsung Galaxy 6.

Beralih ke sektor dapur pacunya, Samsung Galaxy A8 disenjatai dengan Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 yang terkonsolidasi dengan processor Octa Core berteknologi 64 Bit yang terdiri dari Quad Core 1.4 Ghz Cortex-A53 serta Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53.

Mengusung baterai berkapasitas 3050 mAh, smartphone Samsung terbaru ini juga dibenami dengan dua buah slot kartu sim yang berjenis Nano Sim. Untuk menjamin kemudahan para penggunanya dalam mengakses internet, smartphone ini disenjatai dengan jaringan LTE Cat 6 yang mempunyai akselerasi 300 mbps serta 3G HSPA yang berakselerasi sebesar 42.2 mbps.

Lebih dari itu, Samsung juga membekali ponsel ini dengan konektivitas nirkabel yang cukup lengkap, seperti NFC, Bluetooth 4.0, WiFi 802.11 a/b/g/n yang mengusung teknologi Dual Chanel, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengakses internet pada jaringan hotspot atau WiFi area. Disamping itu, tersedia pula teknologi navigasi GPS yang mengusung teknologi A-GPS dan Glonass.

Tak hanya dapat diandalkan untuk menonton film serta bermain game, Samsung Galaxy A8 juga mampu menampilkan kualitas terbaiknya untuk foto-foto dan merekam video. Kamera utama yang dibemani pada ponsel ini punya resolusi sebesar 16 megapiksel atau sebanding dengan 5312 x 2988 pixels sehingga mempermudah penggunanya untuk menghasilkan foto yang berkualitas di setiap momennya. Menariknya, kamera utamanya juga telah didukung oleh beragam fitur terbaik seperti LED Flash, Face Detection, dan autofokus.

Tapi sayangnya, kamera utama pada Samsung Galaxy A8 belum memiliki kemampuan untuk merekam video 4K Ultra HD seperti halnya pada Samsung Galaxy S6, sehingga ponsel ini hanya mampu menghasilkan video Full HD 1080 pixel yang punya akselerasi sebesar 30 fps. Sementara di bagian depannya, tersemat kamera berkekuatan 5 megapiksel yang mumpuni untuk foto selfie dan juga video call.