yandex
Tekno

Samsung Gear S3, Jam Tangan Pintar 4G LTE Berteknologi e-SIM

Samsung telah meresmikan peluncuran smartwatch anyarnya yang mengusung nama Samsung Gear S3. Apabila dibandingkan dengan pendahulunya, Gear S2, perangkat ini disenjatai dengan beragam fitur yang lebih canggih dan spesifikasi yang berkualitas.

Samsung Gear Watch terbaru ini dihadirkan dalam dua varian, yakni tipe Frontier dan Classic. Masing-masing perangkat ini diranang dengan desain yang berlainan dan harga yang juga berbeda. Tak hanya itu, pabrikan asal Korea Selatan itu juga meluncurkan Samsung Gear S3 Frontier yang disokong oleh fitur konektivitas 4G LTE dan 3G HSPA berkat teknologi Electronic SIM card (e-SIM) yang diusungnya.

Samsung Gear S3 dirancang dengan desain berbentuk bundar yang memiliki dimensi panjang 49 mm, tebal 12.9 mm, lebar 46 mm, dan bobotnya mencapai 57 gram. Bodi smartwatch ini dibalut dengan bahan dasar Stainless Steel 316L yang menjadikan perangkat ini semakin kokoh.

Hebatnya lagi, jam tangan pintar ini dapat digunakan di dalam air, lantaran telah mengantongi sertifikat IP68. Dengan kemampuan tersebut, para penggunanya bisa memakainya saat berenang selama 30 menit pada kedalaman 1.5 meter.

Samsung juga membenaminya dengan fitur rotating bezel yang dapat difungsikan sebagai navigasi. Untuk memilih aplikasi yang ingin dijalankan, penggunanya hanya perlu memutar bezel tersebut yang mengelilingi Samsung Gear 3.

Lebih dari itu, Samsung Galaxy Watch terbaru ini juga disenjatai dengan layar sentuh berdimensi 1.3 inci yang mempunyai resolusi 360 x 360 pixels dan kerapatan mencapai 278 ppi. Layar perangkat tersebut dibalut dengan lapisan Corning Gorilla Glass Sr+, sehingga menjadikan layarnya tidak mudah tergores saat terjatuh atau terjadi gesekan.

spesifikasi-samsung-gear-s3

Beralih ke sistem operasinya, Samsung Gear S3 dibenami dengan OS Tizen 2.3.2 yang dirancang khusus untuk perangkat wearable. Dengan mengusung OS tersebut, jam tangan pintar ini memiliki beragam fitur yang cukup lengkap dan menarik seperti fitur kesehatan, sensor accelerometer, heart rate, gyro, dan juga barometer.

Samsung Gear S3 juga disenjatai dengan baterai berkapasitas 3800 mAh yang diyakini mampu bertahan hingga 72 jam. Tak hanya itu, perangkat juga dilengkapi dengan fitur pengisian nirkabel atau WPC wireless charging, sehingga mempermudah para penggunanya untuk melakukan pengisian daya baterainya tanpa harus menggunakan kabel USB.

Beralih ke sektor dapur pacunya, Samsung Gear S3 disenjatai dengan processor Dual Core 1.0 Ghz yang dikolaborasikan dengan RAM berkapasitas 768 MB serta memori internal mencapai 4GB. Tapinya sayang, perangkat ini tidak dibekali dengan memori eksternal, sehingga penggunanya tidak dapat memperluas kapasitas penyimpanannya.

Smartwatch ini telah mendukung 10.000 lebih aplikasi untuk menjamin kepuasan para penggunanya, diantaranya seperti Gigmpse, Yelp, Sporty, Nokia Here, dan beragam aplikasi sosial media berbasis Android Wear.

Salah satu fitur yang paling diunggulkan pada perangkat ini adalah fitur Samsung Pay. Dengan hadirnya fitur ini, maka penggunanya dapat melakukan pembayaran karena telah didukung oleh teknologi NFC (Near Field Communication) serta MST (Magnetic Secure Transmission).

Di sektor konektivitasnya, Samsung Gear S3 dibenami dengan GPS (Glonass), Bluetooth v4.2, NFC, dan juga fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n. Lebih dari itu, terbenam juga speaker serta mic yang dapat difungsikan untuk menerima panggilan telepon tanpa harus menghubungkannya dulu dengan smartphone penggunanya.

Namun sayang, belum ada informasi resmi terkait harga perangkat ini. Di Eropa, harga Samsung Gear S3 dibanderol seharga 399 Euro atau sekitar Rp 5.9 jutaan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button