Selain meresmikan peluncuran Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, pabrikan ponsel asal Korea Selatan itu juga merilis produk kameranya yang mengusung nama Samsung Gear 360. Salah satu keunggulan perangkat ini adalah mampu merekam dan membidik objek mencapai 360 derajat dengan kemampuan multi angle.

Mengusung dimensi yang bundar, perangkat ini dirancang dengan desain modern yang menyerupai sebuah mata robot. Perangkat ini hadir untuk menyaingi LG 360 Cam yang keduanya sama sama memiliki kemampuan yang sama, yakni merekam video dengan resolusi 25 Megapiksel yang didukung dengan lensa berjenis Fisheye.

Hasil bidikan kamera tersebut juga mampu mengabadikan foto yang besar resolusinya mencapai 30 Megapiksel dan merekam vide beresolusi 3840 x 1920 pixels dengan akselerasi sebesar 30 fps. Tak hanya itu, Samsung juga membekalinya dengan fitur mode single cam yang mampu menghasilkan foto dan rekaman yang berlainan.

Samsung Gear 360 juga memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk merekam video bermode ‘time lapse’ dan ‘video looping’. Kemampuan tersebut tentunya menjadikan perangkat ini menajdi kamera 360 derajat terbaik di masa kini.

Dirancang dengan desain yang bundar, kamera Samsung Gear 360 mempermudah penggunanya untuk membawanya kemanapun anda pergi. Bentuknya yang mungil juga sangat pas di genggaman, yakni dengan dimensi panjang 66.7 mm, tinggi 60.1 mm, lebar 56.3 mm, dan beratnya hanya 153 gram.

Lebih dari itu, perangkat ini juga disenjatai dengan layar berdimensi 0.5 inci yang mengusung panel layar bertipe PMoled yang difungsikan untuk melihat notifikasi perekaman dan beragam menu yang ada di dalam perangkat ini. Bagi para penggunanya yang ingin mengkoneksikannya ke smartphone, anda perlu mengunduh aplikasi Gear 360 Manager di Google Play Store.

Samsung Gear 360 juga telah dibenami dengan beragam fitur konektivitas yang cukup lengkap, seperti WiFi Dual Band, WiFi Direct, port USB 2.0, Bluetooth v4.2, dan NFC. Menariknya lagi, perangkat ini juga disenjatai dengan slot microSD yang mampu memperluas ruang penyimpanannya hingga mencapai 128GB.

Disenjatai dengan baterai berkapasitas 1.350 mAh, Samsung mengklaim jika baterai tersebut memiliki daya tahan selama 2 jam untuk merekam video yang resolusinya sebesar 4K. Dengan demikian, perangkat ini dapat diandalkan untuk mengabadikan setiap momen penting anda. Baterai pada perangkat ini juga dapat dicopot, sehingga anda bisa membeli baterai cadangan jika memerlukannya.

Samsung Gear 360 juga dilengkapi dengan tripod bawaan dengan ukuran yang mungil dan mempunyai 3 kaki yang dapat dibuka dan ditutup. Menariknya, tripod tersebut dapat diganti dengan beragam jenis tripod lainnya, sesuai dengan kebutuhan para penggunanya dalam mengambil foto maupun merekam video.

Sejumlah video dan foto yang diambil melalui perangkat ini dapat dikirim langsung ke galeri ponsel yang dimiliki penggunanya, tapinya hanya smartphone tertentu saja yang dapat terkoneksi secara langsung dengan perangkat ini, yakni Samsung Galaxy S6, Galaxy S7, dan Galaxy Note 5. Ini adalah salah satu kelemahan yang dimiliki Samsung Gear 360, sehingga semua pengguna smartphone tidak bisa menikmati kehebatannya.

Meski harga Samsung Gear 360 ini terbilang tinggi, tapinya performa yang dihasilkan sangat mumpuni. Pasalnya, perangkat ini telah disenjatai dengan RAM berkapasitas 1GB dan chipset DRIMe5s yang menjadikan performanya semakin berkualitas saat mengambil gambar maupun video. Tak hanya itu, Samsung juga membenaminya dengan sensor Gyro dan Accelerometer. Menariknya lagi, foto yang dihasilkan dari perangkat ini dapat dipublikasikan secara langsung ke aplikasi Google Street View.