Tak ingin kalah saing dari pabrikan ponsel lainnya, Samsung kembali meluncurkan smartphone murahnya dengan mengusung nama Samsung Galaxy V2. Ponsel pintar yang dibanderol dengan harga di bawah Rp 1 juta ini hadir untuk meramaikan pasar smartphone di segmen menengah ke bawah dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Salah satu kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy V2 ini adalah pada resolusi layarnya dan kemampuan dalam mengakses internetnya. Sehingga tak heran jika harga Samsung Galaxy V2 dibanderol dengan harga yang murah.

Meski demikian, smartphone tetap memberikan kenyamanan bagi setiap penggunanya ketika mengoperasikannya menggunakan satu tangan. Pasalnya, perangkat ponsel ini dirancang dengan layar sentuh berdimensi 4 inci dan dibalut dengan casing belakang yang bertekstur, sehingga memberikan grip yang sangat baik saat dipegang.

Samsung juga mendesain bodinya dengan dimensi panjang 121.6 mm, tebal 10.8 mm, lebar 63.1 mm, dan bobotnya mencapai 123 gram. Untuk penggunaan layarnya sendiri, smartphone Samsung terbaru yang satu ini dibekali dengan layar berteknologi TFT yang memiliki resolusi 400 x 800 pixels.

Sangat disayangkan, smartphone ini menggunakan panel TFT yang kedalamannya hanya 262 ribu warna, sehingga menjadikan gambar yang dihasilkannya tampak kurang tajam apabila dibandingkan dengan ponsel pintar lainnya yang sudah dibekali panel IPS berkedalaman 16 juta warna.

Meskipun smartphone Samsung Galaxy V2 ini dibanderol dengan harga yang murah, tapinya untuk urusan dapur pacunya, ponsel ini disenjatai dengan processor Quad Core 1.2 Ghz Cortex-A7 dan chipset Spreadtrum SC9830 yang disempurnakan dengan pengolah grafis yang mumpuni dari GPU Mali-400MP2.

Kemudian untuk bagian penyimpanannya, Samsung menjejalinya dengan RAM berkapasitas 1GB dan memori internal sebesar 8GB. Menariknya, pabrikan ponsel asal Korea Selatan itu juga membekalinya dengan slot microSD untuk bisa mempermudah para penggunanya dalam memperluas ruang penyimpanannya hingga maksimal 128GB.

Untuk sistem operasinya sendiri, Samsung Galaxy V2 dibenami dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1 yang dibalut dengan antarmuka buatan Samsung. Sementara untuk penggunaan baterainya, Samsung mengandalkan baterai yang kapasitasnya mencapai 1.500 mAh. Daya tahan baterai tersebut terbilang awet dan dapat dibongkar pasang.

Berkat penggunaan baterai tersebut, Samsung Galaxy V2 diklaim mampu bertahan hingga 8 jam apabila digunakan secara nonstop. Sayangnya, smartphone ini tidak dibekali dengan fitur fast charging untuk mempercepat proses pengisian dayanya, mengingat harganya yang murah.

Tersemat pula fitur Dual Sim yang dapat dipergunakan untuk mengakses internet dalam jaringan 3G HSPA, yang memiliki kecepatan HSPA 21.1/5.76 Mbps. Meskipun fitur konektivitasnya terbilang standar, tapinya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya dalam hal komunikasi, baik secara offline maupun online.

Samsung Galaxy V2 juga hadir dengan dibekali beragam fitur konektivitas penunjang lainnya, seperti Bluetooth v4.0, WiFi 802.11 b/g/n, dan navigasi GPS berteknologi A-GPS dan Glonass. Lebih dari itu, terbenam pula port MicroUSB 2.0 yang tersemat di bagian bawah ponsel ini.

Lanjut ke bagian fotografinya, Samsung mempersenjatai smartphone terbarunya dengan kamera utama berkekuatan 5 Megapixel, lengkap fitur LED Flash, sehingga dapat diandalkan untuk mengabadikan momen berharga pada kondisi yang kurang pencahayaannya atau pada malam hari. Kamera tersebut juga memiliki kemampuan untuk merekam video yang resolusinya HD [email protected]

Sedangkan untuk kamera depannya, Samsung hanya membekalinya dengan kamera beresolusi 0.3 megapixel. Minimnya resolusi pada kamera depannya, menjadikan hasil jepretannya kurang memuaskan ketika digunakan untuk foto selfie. Namun untuk mengakses video call atau video chat, tampilan video yang dihasilkan lebih baik.