Rider Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengarungi hari pertama di seri ketiga gelaran MotoGP musim 2016 dengan hasil yang terbilang kurang memuaskan. Sebab dari dua sesi latihannya yang sudah berlangsung, The Doctor telah gagal mencatatkan waktu terbaik musim ini.

Disaat latihan bebas pertamanya, Rossi hanya mampu menempati posisi ketujuh dan hanya mencatatkan waktu 2 menit 06.252 detik. Sementara itu di dalam sesi keduanya, Rossi kembali mengalami kegagalan buat memperbaiki performanya dengan hanya duduk di posisi keenam seusai meraih catatan waktu 2 menit 04.974 detik.

Selepas mengarungi sejumlah sesi latihannya pada hari pertama yang berlangsung di Sirkuit Austin, Rossi pun lantas telah memberikan komentarnya. Ia pun telah menyatakan bahwa kendala terbesar yang dialaminya pada dua sesi tersebut ialah masalah pengereman.

“Apabila saya tak membuat kesalahan itu, saya merasai bahwa saya akan mampu untuk berada lebih dekat dengan posisi terdepan. Saya rasa bahwa saya punyai potensi yang lebih baik lagi, karena saya cukup cepat di hari ini,” ucap Rossi.

“Tapinya sangat disayangkan, kami cuma miliki sejumlah masalah yang cukup mengganggu. Saya merasa bahwa saya terlalu banyak melakukan pengereman. Jadi, saya harap kami bisa memperbaiki segala kesalahan yang kami lakukan hari ini di sesi selanjutnya,” imbuh pembalap berpaspor Italia itu.