Valentino Rossi percaya masih bisa tampil di ajang MotoGP hingga usianya 40 setelah berhasil memenangi GP Spanyol di Sirkuit Jerez, pada hari Minggu lalu. Namun, The Doctor enggan terbuai dengan hasil di GP Spanyol.

Rossi memperlihatkan talentanya belum habis dengan meraih kemenangan di Sirkuit Jerez. Pebalap 37 tahun itu berhasil meraih kemenangan ke-87 di kelas primer Grand Prix dan ke-113 di semua kelas.

Kesuksesan Rossi meraih kemenangan Jerez terjadi setelah 19 tahun dan 250 hari sejak kali pertama pebalap asal Italia meraih debut kemenangan di kelas 125cc GP Republik Ceko, 18 Agustus 1996.

Rossi akui kemenangannya di GP Spanyol dicapainya dengan kerja keras, terutama di usianya yang sudah menginjak 37 tahun. Namun demikian, Rossi percaya masih bisa meraih kemenangan di MotoGP hingga 40 tahun.

“Kejayaan semakin sulit digapai. Lebih banyak ikhtiar yang diberikan, lebih banyak latihan. Tapi, saya bisa tampil di MotoGP hingga 40 tahun, ” pungkas Rossi.

“Yang membedakannya ialah motivasi, apa yang Anda rasakan. Jikalau Anda berusaha meraih kejayaan, Anda harus berusaha membentenginya. Sekarang lebih sulit, karena 20 tahun lalu lebih mudah untuk melakukan segalanya. Tapi, saat ini saya merasa oke,” tutur Rossi.

Rossi mengaku tidak akan bisa selalu meraih kemenangan dominan seperti yang diraihnya di GP Spanyol, terutama dengan adanya sejumlah pebalap kompetitif seperti Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa.

Rossi sendiri dipastikan akan tampil di MotoGP bersama Movistar Yamaha hingga usianya 39 setelah memperpanjang kontrak hingga 2018 pada Maret lalu.