Hampir setiap orangtua gemas mencium bibir bayinya, sekaligus mengunjukkan rasa kasih sayang. Tapi, ungkapan kasih sayang ini ternyata dapat membahayakan kesehatan bayi. Bukan untuk membuat para orangtua kecewa, tapi untuk melindungi kesehatan bayi dari berbagai penyakit. Berikut 6 bahaya mencium bibir bayi.

– Bayi sakit

Disaat berciuman dengan bayi, air liur Anda mungkin saja ditransfer langsung secara cepat ke mulut sang bayi. Padahal seorang bayi miliki sistem imunitas tidak sekuat orang dewasa. Akibatnya, mereka mudah jatuh sakit dan itu berbahaya.

– Rawan demam

Jikalau nantinya bayi mengalami gejala seperti demam, sakit tenggorokan, tampak lelah dan letih, maka ini bisa terjadi akibat penularan penyakit yang disebar usai Anda mencium bibirnya. Konsultasikan segera dengan dokter untuk mencari jalan keluar agar si buah hati cepat pulih.

– Tertular flu

Gejala flu itupun mudah sekali menyebar dari orang dewasa ke bayi cuma dengan ciuman sederhana. Gejala lain yang muncul setelah itu termasuk sakit tenggorokan, demam, sakit kepala dan nyeri otot.

– Terserang virus meningitis

Anda tak selalu tahu kondisi kesehatan seseorang yang dekat dengan Anda. Yang dikhawatirkan ialah seusai mencium bibir bayi, bisa tertular penaykit menular seperti meningitis. Gejala awal dari penyakit ini adalah demam, mual, menggigil, , sakit leher dan sakit kepala. Jauhkan bayi Anda dari risiko itu, karena tak hanya merepotkan, tetapi juga berbahaya bagi bayi.

– Terserang virus cytomegalo

Secara singkat, penyakit ini disebut sebagai CMV. Air liur yang menempel di mulut bayi usai Anda menciumnya dapat menyebarkan penyakit cytomegalo. Ini dapat menempel di dalam tubuh selama bertahun-tahun dan bisa mengancam nyawa.

– Terserang virus herpes

Jenis virus herpes ini dapat ditransfer langsung ke orang lain dengan berciuman. Korbannya bisa saja bayi Anda jikalau nanti tak mewaspadainya. Masalah virus ini juga bisa bersarang di dalam tubuh seseorang sepanjang hidupnya.