Ide dan peluang bisnis seakan tak pernah ada habisnya di Indonesia. Seperti yang dimiliki Guntoro, seorang pemuda asal Surabaya yang menjadikan ide dan kemampuannya membuat hiasan lampu sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Berkat hobinya merancang ruangan dan menghasilkan kerajinan tangan, pria yang memulai usahanya sejak tahun 2009 itu sudah mampu meraup rupiah dalam jumlah yang tak sedikit.

Sejak awal dirintisnya bisnis hiasan lampu ini, Guntoro mendapatkan tanggapan yang baik dari masyarakat. Tak heran apabila saat ini hasil karyanya tersebut sudah dikenal di beberapa negara di Asia Tenggara. Ia pun berencana untuk mengembangkan pemasaran produknya ke negara-negara Asia dan Eropa.

“Produk kita baru di ekspor di beberapa negara saja seperti Malaysia dan Singapura. Namun kami akan pelajari dulu untuk memperluas ekspornya,” ujar Guntoro.

Hingga kini, Guntoro mengaku bahwa dirinya sudah memiliki banyak pesaing yang menyamai produknya. Kendati demikian, itu bukanlah masala besar untuknya. Pasalnya sampai saat ini ia tetap mampu mengumpulkan omzet sebesar Rp 100 juta setiap bulannya.

Salah satu produk yang sudah laku terjual dari bisnis hiasan lampu ini adalah Lightcraft. Hiasan lampu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 195.000 setiap produknya. Tak hanya itu, ada juga beragam produk lainnya seperti Cotton Ball Light, Character Lamp, Fairy Light karakter, Letter Lamp, dan Cooper Light.

Guntoro menyampaikan pesan kepada para wirausahawan lainnya untuk berani untuk memulai sebuah usaha. “Seorang pengusaha harus gencar mempromosikan produknya agar menjadi produk unggulan, tak hanya di dalam negeri. Teruslah belajar dan jangan menyerah untuk mencoba,” papar Guntoro.