KIA baru saja meresmikan peluncuran produk mobil terbarunya di kelas premium, yakni mengusung nama KIA Grand Sedona. Mobil ini hadir dengan dibekali beragam fitur dan teknologi yang canggih demi menjamin kepuasan para penggunanya selama berkendara.

Mobil Kia Sedona terbaru ini dirancang dengan dimensi panjang 1.115mm, tinggi 1.940mm, dan lebar 1.985mm, sehingga menjadikannya terlihat sangat besar. Meskipun demikian, mobil ini didesain premium, dimana pada bagian depannya tersemat headlamp berbentuk kotak, lengkap dengan projector dan DRL pada bagian lampu utamanya. Berkatnya, pencahayaan yang dihasilkan mobil ini semakin optimal, meski saat dikendarai pada malam hari.

Terbenam pula grille berdimensi besar dan lebar, disertai dengan dua lampu fog pada bagian bumpernya, sehingga membuat tampilannya tampak gagah dan stylish. Di bagian sampingnya, Kia Sedona Indonesia dibekali dengan power sliding door atau pintu geser yang dapat dijalankan secara otomatis.

Sementara di bagian belakangnya, tersemat stop lamp berdimensi besar, lengkap dengan high mount stop lamp yang akan memberikan peringatan yang lebih jelas kepada pengendara yang ada di belakangnya saat sedang melakukan pengereman. Tersedia juga single wiper yang dapat digunakan ketika sedang hujan.

kia-grand-sedona-interior

Lanjut ke bagian interiornya, Kia Motors merancang mobil ini dengan kabin yang cukup luas, yakni dengan daya tamping sebanyak 8 orang. Menariknya lagi, di bagian joknya dibalut anti pollution agar menjadikannya tetap bersih ketika ada tumpahan air maupun minuman. Ada pula fasilitas Full auto AAC yang dapat bekerja secara otomatis dan menyesuaikan dengan suhu yang ada.

Beralih ke bagian dapur pacunya, Kia Grand Sedona disenjatai dengan mesin berjenis V, yang mempunyai 6 silinder, 24 valve serta mengandalkan teknologi DOHC dengan kubikasi yang besarnya mencapai 3.342cc.

Berkat penggunaan mesin tersebut, mobil ini mampu menghasilkan tenaga yang optimal, yakni sebesar 270 PS pada rotasi mesin 6.400 rpm dan torsi maksimum sebesar 32.4 pada rotasi mesin 5.200 rpm. Tidak hanya itu, Kia Grand Sedona juga mampu menempuh jarak 0-100 KPH hanya dalam hitungan 8.6 detik saja.

Dalam pemasarannya, Kia Grand Sedona dihadirkan dalam dua versi, yakni dengan mesin bahan bakar dan juga diesel. Untuk versi dieselnya, Kia Motors membekalinya dengan diesel 11 seater bertipe R 2.2 yang memiliki kubikasi sebesar 2.199cc sehingga mampu menyemburkan tenaga optimum sebesar 200 PS pada rotasi mesin sebesar 3.800 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya mencapai 45 kg.m pada rotasi mesin 1.750-2.750 rpm. Namun sayang, kubikasinya yang kecil menjadikannya hanya mampu menempuh jarak 0-100 km/jam dalam waktu 13.6 detik.

Untuk menjamin kepuasan para penggunanya selama berkendara, mobil ini juga disenjatai dengan Hill-start Assist Control (HAC) yang menjadikan mobil ini tetap mampu berjalan sekalipun ketika melintasi jalanan berbatu maupun tanjakan. Kemudian untuk memaksimalkan pengeremannya, Kia motors dibekali dengan Ventilated Disc di bagian depannya dan Solid Disc untuk bagian belakangnya.

Tidak hanya itu, Kia Sedona Indonesia juga disenjatai dengan teknologi ESC yang mampu mengontrol sistem pengeremannya supaya ban tidak terselip maupun terkunci ketika melakukan pengereman secara mendadak. Sedangkan untuk penggunaan transmisinya, Kia Motors membekalinya dengan 6 Speed Automatic yang responsive ketika digunakan.

Menariknya, Kia Grand Sedona juga hadir dengan dibenami sensor parkir, kamera belakang, rear cross traffic alert, serta Blind Spot Detection yang mampu memberikan kenyamanan dan kemanan selama berkendara, serta dilengkapi juga dengan fitur airbags. Untuk harga mobil Kia Grand Sedona ini sendiri dibanderol seharga Rp 426 juta sampai Rp 482 jutaan.