Telah resmi diperkenalkan di penghelatan GIIAS 2016, Honda HR-V Mugen hadir untuk memenuhi kebutuhan para pengguna otomotif di Indonesia. Pada mobil ini, Honda merancangnya dengan desain yang lebih tangguh dan memiliki fitur yang berteknologi mumpuni.

Dari tampilannya sendiri, New Honda HR-V ini didesain dengan dimensi panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, dan tinggi mencapai 1.580 mm. Apabila dibandingkan dengan versi standarnya, mobil ini hadir dengan tampilan yang lebih sporty berkat tambahan front grill berwarna silver yang mengesankan. tersemat pula front under spoiler yang terletak di bagian bumper sebagai pelindung.

Pabrikan otomotif asal Jepang juga membekalinya dengan side under spoiler berwarna hitam dop di bagian sampingnya, sehingga menekankan kesan sporty dan mewah. Tak ketinggalan, mobil ini juga dilengkapi dengan Mugen Side Stripe Sticker di bagian atas handle bagian depannya. Ada pula velg yang dirancang dengan desain yang baru dan terdiri dari dua warna, yaitu silver dan juga hitam.

Pada bagian belakangnya, mobil ini dibenami dengan Rear Under Bumper Spoiler yang diletakan pada bawah bumper belakangnya. Selain itu, Honda juga melengkapinya dengan tailgate spoiler yang lebih besar dan emblem mugen di bagian belakangnya sehingga terkesan lebih fresh di kalangan mobil SUV di Indonesia.

Lanjut ke bagian dapur pacunya, Honda HR-V Mugen disenjatai dengan dua pilihan mesin yang berbeda. Salah satunya adalah Honda HR-V 1.5L E CVT Mugen yang mengusung mesin 1.8 L SOHC silinder segaris dengan mengandalkan 16 katup i-VTEC + DBW. Meskipun kapasitas mesinnya terbilang kecil, yakni hanya 1497cc, mobil ini tetap mampu menyemburkan tenaga yang optimal, yakni sebesar 88 Kw pada rotasi mesin 6.600 rpm dan torsi maksimalnya mencapai 145 Nm pada rotasi mesin 4.600 rpm.

honda-hr-v-mugen-interior

Untuk varian keduanya adalah Honda HR-V 1.8LPrestige Mugen yang mengandalkan mesin berjenis 1.8 L SOHC silinder segaris dan 16 katup i-VTEC + DBW dengan kapasitas mesinnya mencapai 1799 cc. dengan mengusung mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan lebih besar dari versi pertamanya, yakni mencapai 102 Kw pada rotasi mesin 6.500 rpm. Sedangkan torsinya sendiri sebesar 169 Nm pada rotasi mesin 4.300 rpm. Tentunya, dengan perbedaan mesin tersebut, harga Honda HR-V Mugen yang dipasarkan pun berbeda.

Untuk menjamin kepuasan dan kenyamanan pada penggunanya, Honda HR-V Mugen dibekali dengan beragam fitur yang canggih dan berteknologi, salah satunya adalah fitur Engine Star Stop yang berfungsi untuk memberikan kemudahan saat menghidupkan maupun mematikan mesin mobil.

Tak hanya itu, Honda pun membekali mobil tersebut dengan salah satu fitur unggulan, yakni layar Touchsereen 7.0 inci yang mempunyai beragam fungsi, seperti CD/DVD Player, NAVI System, AUX input, Bluetooth, AM/FM Radio, MP3/WMA, USB Port, Made for iPod/iPhone/Android, dan juga HDMI. Sementara untuk varian terendahnya, Honda hanya membekalinya dengan layar 6 inci dan beragam fitur penunjang yang mumpuni.

Di bagian sistem keamanannya, Honda HR-V Mugen mengandalkan beragam fitur keamanan yang tak kalah mutunya dari rivalnya, seperti fitur Immobilizer, Smart Entry Kyelles Entry, dan Alarm System. Berkat dibekalinya fitur tersebut, para penggunanya akan merasa aman saat meninggalkan mobilnya di parkiran tanpa harus khawatir akan kehilangan atau dicuri.

Menariknya lagi, Honda HR-V Mugen disenjatai dengan suspensi bertipe MacPherson Strut di bagian depannya untuk meminimalisir adanya getaran. Sedangkan untuk bagian belakangnya, mobil ini dibekali dengan suspensi berjenis H-Shape Torsion Beam yang juga mampu mengoptimalkan laju dari mobil ini.