Pada penghelatan final Piala Eropa 2016, Renato Sanches sukses pecahkan rekor pemain  Cristiano Ronaldo sebagai pemain muda. Diusianya yang baru menginjak 18 tahun, diharapkan kiprahnya bersama Bayern Munchen akan cemerlang layaknya Cristiano Ronaldo.

Sejauh ini, dalam penghelatan final Piala Eropa sejak tahun 1960 lalu, Renato Sanches menjadi pemain termuda. Bahkan rekor ini mengalahkan Cristiano Ronaldo, yang saat itu menuai rekor yang sama di usianya yang ke19 saat merumput di gelaran final Euro 2004 lalu.

Musim lalu, tepatnya di ajang Liga Champions, Renato Sanches telah memikat banyak orang saat ia membela Benfica. Namanya kian cemerlang saat Bayen Munchen berani menggelontorkan dana sebesar 35 juta Euro untuk memboyong pemain berkebangsaan Portugal itu. Bahkan, apabila Renato mampu mencapai target yang diberikan, maka Die Borussen siap mengeluarkan uang sebesar 80 juta Euro untuknya.

Banyak kalangan yang penasaran dengan tindakan yang diambil Bayern untuk membeli pemain kelahiran 18 Agustus 1997 itu sebelum Euro berlangsung. Akan tetapi, tindakan tersebut sangatlah tepat. Pasalnya, apabila pemain itu dibeli pasca gelaran Piala Eropa, maka dana yang harus digelontorkan Bayern akan semakin tinggi.

Kepiawaiannya dalam berlaga melawan Kroasia, Wales dan juga Polandia, lantas menjadikan pelatih Portugal, Fernando Santos berani melakukan spekulasi, menempatkannya sebagai startet dan sukses menekuk Joao Mario yang punya jam terbang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Renato.

Namun sayangnya, dalam penghelatan final Euro 2016, ia terpaksa harus digantikan dengan Erder yang sukses menorehkan gol kemenangan timnya melawan Prancis. Meski demikian, Renato Sanches sudah mengukir sebagai pemain termuda dan penampilannya dipastikan bakal semakin impresif di sejumlah pertandingan mendatang.