Sejatinya pekerjaan yang paling menyenangkan ialah bekerja sesuai dengan hobi yang kita punya. Dengan begitu, jika Anda sedang berburu ide bisnis yang menyenangkan, tentunya anda bisa mencoba untuk mengembangkan hobi tersebut dan ‘menyulapnya’ menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan. Misalnya hobi melukis.

Bagi anda yang punya hobi melukis, kegemaran ini bisa menjadi pilihan tepat sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Tak hanya bisa merealisasikan hobi, anda juga bisa meraup tambahan penghasilan. Bisnis lukisan tentunya akan sangat menyenangkan dan menggiurkan untuk ditekuni. Pasalnya, anda bakal mendapatkan uang banyak apabila lukisan hasil karya anda memiliki keunikan dan nilai tersendiri.

Apabila lukisan yang dibuat bagus dan memikat hati banyak orang, penghasilan yang kita raup bisa mencapai puluhan juta. Dengan begitu, tentu anda juga akan merasa senang karena hasil karya yang anda buat bisa dihargai oleh banyak orang.

Saat ini, banyak anak-anak muda yang mencoba peruntungannya untuk berkarir dengan menekuni bisnis kreatif. Dengan berbekal kemahiran melukis dan membuat sketsa, menjadikan mereka berani untuk memulai bisnis. Sejatinya, ada beragam jenis bisnis yang bisa ditekuni berbekal dari kemampuan melukis yang anda miliki, misalnya sepatu lukis, baju lukis, dan lain sebagainya.

mukakayu

Seperti halnya yang dilakukan Ryka Ariesta yang memanfaatkan potensi dan kepiawaian melukisnya menjadi sebuah peluang usaha yang menghasilkan laba menggiurkan. Berbeda dengan bisnis lukisan lainnya, Ryka memanfaatkan kemampuannya itu untuk merintis bisnis lukisan kayu yang mengusung nama Mukakayu.

Awalnya, Ryka hanya berniatan untuk memberikan kado hasil karya tangannya sendiri untuk dosen pembimbingnya. Dari situlah Ryka justru mendapat ide untuk merintis sebuah bisnis. Wanita lulusan desain grafis ini mengaku memperoleh inspirasi bisnisnya itu saat sedang menyelesaikan tugas akhir kuliahnya.

“Awalnya aku Cuma ingin membuat kado untuk dosen pembimbing karena aku lebih suka memberikan sesuatu dari hasil karyaku sendiri daripada membelinya langsung. Ketika mengerjakan tugas akhir, aku mendapatkan inspirasi. Untuk itu aku manfaatkan inspirasi itu menjadi sebuah bisnis,” jelas Ryka.

Setelah kado itu diberikan kepada dosen pembimbingnya, justru Ryka memperoleh pesanan dari beberapa orang rekannya yang berminat terhadap hasil karyanya itu. Produk Mukakayu yang dibuatnya tersedia dalam beragam jenis, seperti kayu ucapan ulang tahun, gantungan kunci, jam dinding, dekorasi dinding, tatakan gelas, maupun souvenir pernikahan. Tidak hanya berbentuk kotak saja, desain kayu yang dibuatnya juga tersedia dalam bentuk persegi enam dan bulat.

Awalnya, bisnis lukisan ini dirintis dengan mengandalkan modal sebesar 60.000 untuk membeli beberapa perlengkapan bahan bakunya seperti cat rubber dan kayu jati Belanda. “Bahan kayu yang aku gunakan adalah kayu jati Belanda dan aku juga memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak lagi dipakai,” tutur Ryka.

Harga lukisan yang dijualnya beragam, mulai dari harga Rp 55.000 sampai Rp 400.000. Perbedaan harga bisa ditentukan berdasarkan jumlah wajah yang dilukis. Dalam menjalani bisnis lukisan ini, Ryka mempekerjakan seorang karyawan untuk membantunya.

Per bulannya, Ryka mengaku mendapatkan omzet sebesar Rp 10 juta. Bisnis lukisan yang baru dirintisnya sejak September 2015 itu saat ini semakin berkembang dan semakin dikenal banyak orang. Bahkan dalam satu bulan, sudah ada 70 buah lukisan yang terjual.

Bisnis lukisan ini ia jalani bersama pacarnya, Fikri yang juga mengenyam pendidikan desain grafis. Ryka menyebutkan jika semua pesanan yang datang dikerjakannya secara bersama-sama. Keduanya juga menjual lukisannya secara online seperti di Facebook dan Instagram. Dengan menjual lukisan online, tentunya produk-produk lukisan yang dibuatnya akan semakin banyak dikenal.

Saat ini, Mukakayu sudah memiliki beberapa pelanggan dari Jabodetabek bahkan sampai luar Jawa, seperti Sumatera, Bali, Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan Lampung.