Ratu Kecantikan yang Ditolak Masuk Tiongkok

DUAKALI.COM – Peserta kontes kecantikan Miss World 2015 dari Kanada mengatakan dilarang memasuki Tiongkok untuk mewakili negaranya pada ajang tahunan yang kali ini diselenggarakan di Provinsi Hainan. Anastasia Lin, yang lahir di Tiongkok 25 tahun lalu, adalah pengkritik keras kebijakan agama Tiongkok dan pengikut kelompok meditasi Falun Gong, yang dilarang di Tiongkok.

Seperti dilansir Guardian pada 26 November 2015, Anastasia Lin mengaku tidak diizinkan naik pesawat dari Hong Kong ke Tiongkok setelah diberi tahu melalui telepon bahwa wanita yang dinobatkan menjadi Miss World Kanada pada Mei lalu itu tidak akan diberikan visa setibanya di sana.

“Apakah mereka kini mulai menyensor kontes kecantikan? Sangat menyedihkan,” ujar Lin. “Pemerintah Tiongkok sebenarnya ingin menghukum saya karena pendirian teguh saya dan ingin mencegah saya berbicara tentang isu hak asasi manusia.”

Anastasia mengaku tidak menerima surat undangan dari Tiongkok yang memungkinkan dia mendapat visa yang diperlukan untuk bersaing dalam ajang itu. Meski demikian, dia tetap mencoba pergi ke Tiongkok hingga akhirnya dilarang terbang.

Aktivis lulusan University of Toronto tersebut sebelum ini pernah mengatakan, jika Tiongkok mencegahnya memasuki republik itu, berarti Beijing ingin menghalanginya berbicara tentang hak asasi manusia.

Wanita yang pindah ke Kanada pada usia 13 tahun itu menjelaskan, pada Juli lalu, ribuan praktisi Falun Gong dibunuh kemudian organnya diambil untuk dijual guna transplantasi organ. Dia juga mengaku, setelah memenangi gelar Ratu Kanada, agen keamanan mengunjungi ayahnya yang masih tinggal di Tiongkok untuk memastikan Anastasia tidak bersuara.