Rapoo 3500 p, Mouse Praktis dengan Receiver yang Rapuh

Mouse dan keyboard telah menjadi perangkat yang wajib dipunyai para pengguna komputer. Tak peduli apakah Anda menggunakan PC desktop ataukah PC laptop, akan jauh lebih nyaman menggunakan mouse daripada touchpad.

Hanya saja, bagi Anda yang lebih sering membawa laptop, Anda mungkin malas jika Anda harus direpotkan dengan kabel mouse yang mungkin sering terbelit. Karena itu, mungkin lebih baik jika Anda memilih mouse nirkabel.

Rapoo merupakan salah satu merek yang cukup ternama dalam hal pembuatan mouse atau keyboard tanpa kabel. Salah satu produk Rapoo yang saya coba kali ini adalah Rapoo 3500 p.

Hal pertama yang saya pikirkan saat pertama kali melihat Rapoo 3500 p adalah betapa pendeknya mouse ini. Saya sempat ragu dengan kenyamanan untuk menggenggam mouse tersebut, terutama setelah saya terbiasa memegang mouse yang cukup besar.

Di luar dugaan, mouse ini cukup nyaman untuk dipakai. Dan karena ia menggunakan teknologi nirkabel 5 GHz, saya dapat menggerakkan mouse dengan bebas tanpa perlu bingung mengurusi kabel. Ia masih cukup nyaman untuk digerakkan, bahkan saat saya hanya menggunakan kertas sebagai pengganti mouse pad, walau jika saya meletakkan mouse ini di atas meja yang berbahan kayu tanpa alas apa pun, mouse ini menjadi sulit untuk diatur.

Rapoo 3500 p memiliki desain yang simetris, jadi dapat digunakan baik oleh orang yang memiliki tangan kanan sebagai tangan dominan atau orang yang kidal. Ia hanya memiliki 3 tombol, yaitu untuk klik kanan, klik kiri dan scroll yang dapat diklik.

Hal ini adalah hal yang wajar mengingat Rapoo memang bukan produsen mouse gaming. Rapoo 3500 p ditenagai dengan baterai AA 1,5 V. Baterai ini dapat bertahan digunakan hingga kurang lebih 9 bulan. Rapoo 3500 p memiliki sensor optical 1000 DPI.

Bagian bawah dari 3500 p memiliki tombol yang dapat digunakan untuk membuka bagian atas dari 3500 p. Di dalam tubuh mouse ini, terdapat baterai dan tempat untuk receiver, sehingga Anda tak perlu khawatir lagi Anda akan kehilangan receiver mouse ini. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, 3500 p juga memiliki tombol untuk menonaktifkan mouse ini.

Satu hal yang menjadi kekurangan dari 3500 p adalah receiver-nya yang sangat rapuh. Saat saya mencoba mouse ini selama beberapa minggu, receiver 3500 p sempat tersangkut di port laptop saya.

Dan ketika saya berusaha untuk menarik receiver tersebut, sebagian dari receiver tersebut tertarik, sementara sebagian yang lain tetap tersangkut di port laptop. Meski pada akhirnya, saya berhasil untuk menyatukan kedua bagian receiver tersebut, dan mouse ini tetap bekerja tanpa ada masalah, tetapi saya terlanjur kecewa.

Rapoo 3500 p dihargai dengan harga Rp183.000.
ABE

Sumber : metrotvnews.com