Radeon RX 480 resmi diperkenalkan Advanced Micro Device atau AMD sebagai kartu grafis teranyarnya bersandi polaris. Kartu grafis yang dibesut produsen asal California itu menjanjikan peningkatan efisiensi konsumsi daya apabila dibandingkan dengan produk sebelumnya.

Kartu grafis ini mengandalkan teknologi produksi 14nm FinFET yang menjadikan ukuran die core GPU Polaris menjadi semakin minim dan komsumsi dayanya pun semakin rendah.

Untuk spesifikasinya, kartu grafis milik Advanced Micro Device ini didukung oleh stream prosesor yang terbagi dalam 36 cluster yang masing-masingnya memliki 64 stream prosesor. Lebih dari itu, Radeon RX 480 ini juga mampu menghasilkan komputasi paralel yang lumayan tinggik, yaitu lebih besar dari 5 TFLOPS.

Namun sayang, sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa jumlah Raster Operations dan Texture Unit yang dimiliki oleh kartu grafis ini. Kartu grafis ini diproduksi dengan teknologi proses 14nm yang dibesut Global Foundries.

Lebih dari itu, AMD Radeon RX 480 ini juga mengandalkan GCN 4 Polaris, dimana arsitektur ini lebih baru dari sebelumnya. Sebagai dapur pacunya, perangkat ini dibekali dengan standar DirectX 11.2 dengan kecepatan clock GPU (Graphics Processing Unit) 1,08Ghz dan antarmuka memori 256-bit yang dipadukan dengan VRAM 4GB atau 8GB GDDR5 yang mampu melaju hingga 8Gbps.

Salah satu pihak dari AMD menyebutkan kalau Radeon RX 480 akan mulai dipasarkan pada 29 Juni 2016. Untuk harganya sendiri, kartu grafis ini dibanderol dengan harga yang cukup bersaing di kelasnya yaitu $199 atau setara dengan RP 2,7 juta.