Bagi anda yang saat ini tengah mencari sebuah city car yang dinamis dan menawarkan performa terbaik, Proton Iriz bisa anda jadikan sebagai pilihan yang tepat. Mobil ini menawarkan tenaga yang tangguh dan bakal menjadi pesaing terberat dari sejumlah city car lainnya seperti Toyota Agya dan Honda Jazz.

Mobil Proton terbaru ini dikenal sebagai salah satu jenis mobil di Tanah Air yang punya gaya small hatchback. Kehadiran mobil ini tentunya akan semakin meramaikan pasar mobil di Indonesia. Mengandalkan teknologi VVT (Variabel Valve Training, Proton Iriz merupakan city car yang akan memberikan para penggunanya kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara.

Proton Iriz didesain dengan bodi yang lebih dinamis dan stylish jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Desain tersebut disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. tidak hanya itu, beragam fitur canggih pun dibenami pada bagian kenyamanan, keselamatan dan ruang penumpangnya yang besar.

Untuk memikat hati konsumennya, mobil ini hadir dengan 4 pilihan warna yang menarik serta futuristic, yaitu seperti Solid White, Fire Red, Tranquility Black, Genetic Silver, Silver Moon Dust, Cutrus Green, dan Atlantic Blue. Eksterior dari mobil ini pun begitu terlihat kental dengan kesan modernnya. Apalagi dengan dibenaminya LED DRL (daytime running light) di bagian bumper mobil ini.

Lebih dari itu, Proton Iriz juga disenjatai dengan beragam fitur modern lainnya seperti koneksi WiFi, fitur navigasi, audio touchscreen, Vehicle Dynamic Control, dan kamera belakang. City car ini juga hadir dengan konfigurasi 5 kursi penumpang yang akan memberikan anda kenyamanan selama berkendara.

proton-iriz-interior

Proton Iriz dihadirkan dalam 2 varian, yaitu Iriz Executive dengan mesin berkapasitas 1,3 liter dengan menggunakan transmisi manual serta CVT. Sementara di negara asalnya, mobil ini mempunyai dua pilihan mesin, yaitu 1,3 liter dan 1,6 liter.

Dengan dibekalinya mesin 1,3 liters tersebut, Proton Iriz mampu menghasilkan tenaga yang besar mencapai 93 tenaga kuda pada rotasi mesin 5.750 rpm dan torsi optimum 120 Nm pada rotasi mesin 4.000 rpm. Sedangkan untuk mesin 1,6 liternya, mobil ini mampu menghasilkan daya sebesar 107 hp dengan torsi mencapai 150 Nm.

Demi menjamin keselamatan para penggunanya dalam berkendara, Proton Iriz disenjatai dengan beragam fitur yang cukup lengkap, sepertii dual SRS Airbag with Dual Seat Belt Pretensioner, Hill-Hold Assist, sistem pengereman ABS (Antilock Brake System), Electronic Stability Control (ESC), Traction Control (TC), dan Brake Assist (BA).

Sementara untuk menunjang kenyamanan anda, Proton Iriz juga dibenami dengan suspense depan bertipe MacPherson Strut with Stabiliser Bar dan untuk suspense belakangnya dilengkapi dengan Torsion Beam Axle. Untuk sistem pengeremannya, mobil ini mengandalkan Ventiated Disc berdimensi 14 inci dan rem belakang bertipe drum 8 inci. Sedangkan dibagian rodanya menggunakan 175/65 R14 Alloy x 5.5JJ.

Bagi anda yang meminatinya, kabarnya pada bulan Oktober tahun ini, Proton Iriz bakal segera dipasarkan. Namun sayang, untuk harga mobil Proton ini sendiri belum dapat diketahui secara pasti.

Sebagai informasi tambahan, Proton Iriz akan mempunyai saingan terbesar, yakni Daihatsu Sirion, mobil berkapasitas 5 penumpang yang disenjatai dengan mesin K3-VE, DOHC VVT-i, 16 katup, 4 silinder segaris yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1.298 cc. berkat mesin tersebut, mobil ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 90 PS pada rotas mesin 6.000 rpm dan torsi 11,9 pada 4.400 rpm.