Beberapa produk bayi rupanya bisa menjadi senjata bagi yang punyai kulit sensitif, seperti tisu bayi yang dapat membantu menghilangkan makeup hingga dan krim ruam popok yang telah terbukti bisa menjadi penawar berbagai macam iritasi pada kulit.

Tapinya ada pula produk bayi lainnya yang dapat dipercaya oleh pemilik kulit sensitif untuk menghindari risiko “iritasi” dari tabir surya.

Menurut Dr. Elizabeth Tanzi, spesialis kulit dari Capital Laser & Skin Care, orang yang berusia 20 tahun ke atas yang punyai kulit sensitif bisa memakai “bayi tabir surya” khusus bayi dengan kandungan zinc sebagai bahan aktif.

“Zinc merupakan bahan aktif tabir surya yang hanya menyampul permukaan kulit dan tidak bisa diserap lewat kulit, itulah mengapa produk tersebut aman digunakan untuk bayi. Satu-satunya perbedaan antara formulasi tabir surya bayi dan versi dewasa adalah kosmetik. Ini berarti, bahwa tabir surya dewasa mengandung bahan-bahan kimia lain yang diformulasikan untuk mencegah lapisan zinc yang tampak berwarna putih di kulit,“ ujar Dr. Elizabeth.

Environmental Working Group mengutarakan bahwa, tabir surya mineral atau alami biasanya mengandung seng oksida atau titanium dioksid. Sementara bahan kimia yang biasanya terdapat dalam “tabir surya dewasa” meliputi oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan Octinoxate.

Studi membuktikan, sebagian objek kimia tambahan yang dikandung pada tabir surya dewasa tersebut dapat mengakibatkan “alergi kulit” atau merusak hormon. Sehingga kurang sehat jikalau nantinya digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Jadinya, meskipun tabir surya bayi biasanya menyisihkan sedikit warna putih pada kulit, tapinya itu bisa menjadi pilihan yang lebih aman secara keseluruhan.