Bila anda sedang menjaga berat badan, berarti anda juga harus menjaga pola makan yang diasup setiap harinya. Ada saatnya ketika menjalani program diet, perasaan menyesal akan muncul setiap kali anda mengkonsumsi satu jenis makanan saja. Hal itu memicu tubuh anda menjadi tidak bertenaga dalam menjalani rutinitas setiap harinya.

Meski sedang berdiet, anda juga harus tetap mengasup makanan agar tubuh tetap bertenaga dalam menjalani setiap aktivitas. Terlebih lagi, nutrisi yang dibutuhkan di dalam tubuh juga harus dipenuhi setiap harinya. Anda hanya perlu mengatur asupan tersebut supaya menjadi makanan yang nikmat.

Pada dasarnya, seorang koki memiliki beberapa trik untuk menyajikan makanan yang tidak hanya lezat namun tetap bernutrisi. Dari jenis sampai pembagian porsi makanan yang akan diasup, tentunya harus sesuai dengan menu diet anda setiap harinya.

Mengasup makanan yang mengandung protein begitu krusial, baik bagi wanita dan juga pria. Per harinya, asupan protein yang harus dipenuhi wanita adalah seukuran telapak tangan, sementara untuk pria, dua kali ukuran telapak tangan.

Selain protein, anda juga perlu mengasup sayuran dan makanan yang berkarbohidrat. Lebih dari itu, asupan lemak juga harus terpenuhi setiap harinya. Pasalnya, lemak di dalam tubuh mampu membakar enerfi untuk tubuh. Ukuran lemak yang diperlukan tubuh adalah 2 ukuran jempol bagi pria dan 1 untuk wanita.

Meski demikian, porsi tersebut bisa anda tambahkan atau dikurangi sesuai dengan seberapa sering anda mengasup makanan, seberapa aktif kegiatan yang dilakukan setiap harinya, ukuran tubuh, dan juga kebutuhan kalorinya. Nantinya, hasil yang akan dicapai diperngaruhi oleh tingkat kekenyangan dan selera masing-masing orang.