PGN-Pemkot Pekanbaru Teken Kerja Sama

Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) mendukung program pemerintah merealisasikan konversi energi dari bahan bakar minyak (BBM) ke gas bumi. Hal ini direalisasikan dengan penandatanganan nota kesepahaman PGN dengan Pemerintah Kota Pekanbaru, yang dilakukan di kantor pusat PGN di Jakarta pada hari ini, Rabu (25/3/2015).

Kerja sama antara PGN dan Pemerintah Kota Pekanbaru melingkupi beberapa hal, antara lain pengembangan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi, kerja sama konsultasi teknik, keuangan dan administrasi dalam rangka pembangunan infrastruktur. Kerja sama juga melingkupi penyusunan studi kelayakan, analisis dampak lingkungan, penyediaan pasokan gas bumi terutama yang berasal dari wilayah Kota Pekanbaru dan bentuk kerjasama lain yang potensial dilakukan oleh para pihak terkait.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan, wilayah Pekanbaru saat ini memiliki potensi sumber daya alam cukup besar khususnya minyak dan gas bumi. “Untuk mengembangkan sumber daya alam wilayah tersebut, dibutuhkan pihak yang memiliki keahlian dan pengalaman terutama dalam pengembangan infrastruktur,” ujar Hendi dalam siaran persnya, Rabu (25/3/2015).

Hingga saat ini PGN memiliki dan mengoperasikan jaringan infrastruktur pipa gas bumi lebih dari 6.200 kilometer. Dalam beberapa tahun terakhir PGN telah bertransformasi. Sebelumnya PGN adalah sebuah perusahaan dengan kegiatan distribusi dan transmisi gas bumi melalui pipa.

“Saat ini PGN telah menjadi perusahaan energi yang menjalankan produksi lapangan gas, pengaliran gas melalui berbagai moda baik itu pipa, gas alam cair (LNG), gas terkompresi (CNG) maupun kegiatan hilir seperti engineering, pemeliharaan sistem jaringan pipa gas dan bahkan pengelolaan jaringan serat optik untuk mendukung pengelolaan usaha secara keseluruhan,” tuturnya.

Sejalan dengan transformasi itu, PGN kata Hendi Prio Santoso juga mengedepankan good coRp orate governance, keterbukaan dan anti korupsi. Hal ini dilakukan untuk mencegah para calo gas bermain. Hingga saat ini PGN melayani berbagai segmen pelanggan, mulai dari rumah tangga, UKM, komersial (hotel, mal, rumah sakit), industri, pembangkit listrik dan transportasi.  “Pelanggan utama PGN adalah rumah tangga,” cetusnya.

Selain wilayah Pekanbaru, sebelumnya PGN telah menyelesaikan pipanisasi gas bumi di Tanjung Uncang Panaran di Batam, Kepulauan Riau sepanjang 18 kilometer yang diresmikan Menteri ESDM Sudirman Said akhir Januari 2015. Di wilayah Lampung, PGN telah menyelesaikan jaringan pipa distribusi sepanjang 90 kilometer.

Proyek pipa distribusi Cikande-Bitung (provinsi Banten) sepanjang 30,5 kilometer juga sudah selesai dibangun untuk mendukung jaringan distribusi gas bumi di wilayah Jawa Barat-Banten-DKI Jakarta. PGN juga mulai membangun jaringan pipa Duri-Dumai-Medan (Duri Dumai 130 kilometer, Dumai – Medan 395 kilometer).

WID

Sumber : metrotvnews.com