Pesawat Germanwings Jatuh, Indonesia Sampaikan Belasungkawa

Jakarta: Insiden jatuh pesawat Germanwings dilaporkan menewaskan seluruh penumpang dan awaknya. Pemerintah Indonesia menyampaikan belasungkawa atas kejadian ini.

“Indonesia ucapkan belasungkawa kepada keluarga para penumpang dan awak pesawat Germanwings 4U 9525 yang jatuh pada 24 Maret 2015 di wilayah Perancis dalam perjalanan dari Barcelona menuju Dusseldorf,” ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (25/3/2015).

“Pemerintah Indonesia mendukung upaya bersama Pemerintah Jerman, Perancis dan Spanyol untuk melakukan pencarian pesawat tersebut yang membawa 148 orang. Pemerintah Indonesia juga mendukung kerja sama internasional untuk mempercepat proses pencarian dan evakuasi pesawat tersebut,” lanjut pernyataan tersebut.

Mengenai kemungkinan adanya warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban kecelakaan ini, Berdasarkan hasil koordinasi dengan Perwakilan RI di Paris, Berlin, Madrid, dan Marseille, belum diketahui adanya korban WNI.

Pihak Kemenlu pun menyatakan akan terus memantau dengan seksama perkembangan proses pencarian dan evakuasi pesawat Germanwings dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Perancis, Jerman dan Spanyol.

Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab jatuhnya pesawat Airbus A320 tersebut. Presiden Prancis Francois Hollande menduga kuat semua orang di dalam pesawat nahas tersebut menjadi korban. Mayoritas berkewarganegaraan Jerman dan Spanyol.

Tim SAR Gabungan Prancis berhasil menemukan kotak hitam milik pesawat. Sebanyak 10 helikopter sudah dikerahkan menuju lokasi dan lebih dari 400 aparat gabungan turut dikerahkan.

Sementara pihak perusahaan enggan berspekulasi mengenai kecelakaan ini. Mereka masih menunggu hasil penyelidikan dari kotak hitam.

FJR

Sumber : metrotvnews.com