yandex
Gaya HidupKesehatan

Peroleh Manfaat Olahraga Ini Selama Masa Kehamilan

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tidak cukup dengan mengasup makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi saja. Tapinya juga penting untuk rajin berolahraga, tak terkecuali untuk ibu hamil. Akan ada banyak manfaat olahraga untuk ibu hamil apabila dilakukan secara rutin dan teratur, salah satunya adalah melancarkan proses persalinan dan membuat tubuh tetap sehat serta bugar selama masa kehamilan.

Tapinya sayang, tak sedikit ibu hamil yang malas berolahraga dan lebih memilih untuk bersantai-santai saja di rumah. Meskipun sedang hamil, tubuh memerlukan pergerakan yang cukup untuk bisa meningkatkan kesehatan. Nah, dibawah ini adalah manfaat olahraga bagi ibu hamil yang perlu anda ketahui.

1. Menambah energi

Selama masa kehamilan, energi yang dimiliki setiap ibu hamil bisa berkurang. Tapinya, dengan berolahraga secara teratur, akan mampu meningkatkan energi anda secara maksimal. Olahraga juga mampu menguatkan sistem kardio vascular yang mampu menjadikan seseorang tidak mudah lelah.

American College of Obstericians and Gynecologist (ACOG) memaparkan bahwa setiap ibu hamil bisa melakukan olahraga yang ringan selama setengah jam setiap harinya, asalkan tidak mengalami komplikasi atau kondisi medis tertentu yang membahayakan. Dalam hal ini, sebaiknya anda mengkonsultasikannya dulu ke dokter kandungan anda.

2. Membuat tidur lebih optimal

Kualitas tidur yang optimal sangat dibutuhkan oleh setiap ibu hamil, khususnya untuk mencegah stres. Ketika perut anda sudah semakin membesar, anda akan merasa lebih sulit untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Tapinya, dengan berolahraga akan membantu anda untuk membuang energi dan menjadikan anda merasa lelah, sehingga kualitas tidur anda lebih maksimal.

3. Mengurangi rasa tidak nyaman

Selama menjalani masa kehamilan, setiap ibu hamil akan mengalami ketidaknyamanan yang cukup mengganggu aktivitas. Nah, manfaat olahraga yang akan anda peroleh ialah menguatkan otot-otot serta meregangkannya, sehingga menjadikan tubuh lebih nyaman dan terhindar dari rasa sakit selama masa kehamilan. Anda bisa melakukan peregangan untuk meminimalisir rasa sakit pada punggung anda atau berenang untuk memperkuat otot abdomen anda.

4. Mengurangi stres

Mempunyai buah hati dalam sebuah keluarga tentunya merupakan momen paling berharga yang wajib disyukuri setiap orang. Kehadiran seorang anak bisa menjadikan hidup kita semakin semangat, atau bahkan sebaliknya. Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan berolahraga, maka akan meningkatkan jumlah serotonin dalam tubuh anda, yakni senyawa yang mempengaruhi mood, sehingga akan menjadikan anda lebih bersemangat.

5. Membantu proses persalinan

Semakin baik kondisi tubuh selama masa kehamilan, maka akan semakin kuat pula tubuh anda ketika proses persalinan nanti. Pasalnya, di saat proses melahirkan, tubuh akan membutuhkan banyak stamina, tenaga, dan juga konsentrasi. Dengan melakukan olahraga secara teratur, maka akan mempermudah serta memperlancar proses persalinan.

6. Mendapatkan berat badan yang ideal

Selama masa kehamilan, tentunya berat badan seseorang akan bertambah. Tapinya, dengan melakukan olahraga ibu hamil secara rutin dan teratur, maka anda akan lebih mudah untuk mendapatkan berat badan yang ideal kembali setelah melahirkan.

7. Membentuk tubuh ke kondisi semula lebih cepat

Manfaat olahraga bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah membuat tubuh anda lebih mudah dan cepat untuk ke bentuk semula pasca melahirkan. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, maka berat badan anda juga akan berkurang apabila anda berolahraga selama kehamilan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button