Per Mertesacker kabarnya bakal segera didaulat sebagai kapten utama Arsenal pada musim 2016-2017. Hengkangnya Mikel Arteta memang sudah sepantasnya menjadikan status kapten diberikan kepada pemain berkebangsaan Jerman itu, lantaran dirinya memang menjadi wakil kapten Arteta di tahun-tahun sebelumnya.

Diantara pemain The Gunners lainnya, Per Mertesacker merupakan salah satu pemain yang sudah memiliki sepak terjang yang tinggi di Arsenal. Sejatinya, Petr Cech juga sudah memiliki segudang pengalaman bersama tim, akan tetapi dalam hal waktu mainnya bersama Arsenal, Mertesacker tentu yang lebih unggul. Sebab, Petr Cech sendiri baru resmi bergabung di The Gunners pada musim lalu.

Sedangkan, apabila ditilik dari durasi bermain bersama Arsenal, Per Mertesacker sendiri memang kalah dari beberapa pemain lainnya seperti Aaron Ramsey, Kieran Gibbs, Theo Walcott, dan juga Mathieu Flamini. Akan tetapi, keempat pemain tersebut tentunya kalah untuk urusan kepemimpinan jika dibandingkan dengan pemain berusia 31 tahun itu.

Meskipun demikian, gelar kapten utama yang disandang Per Mertesacker di musim depan tak menutup kemungkinan menjadikannya sebagai pemain inti lagi. Karena, ia diharuskan untuk bisa bersaing dengan Gabriel Paulista untuk menjadi rekan sekerja Laurent Koscielny yang dijadikan sebagai bek andalan The Gunners.

Untuk wakil Per Mertesacker nanti, Arsene Wenger lebih dominan kepada Koscielny. Menurut Wenger, Koscielny merupakan pemain yang bisa diandalkan di lini belakang da mendapatkan kesempatan yang apik untuk dapat menjadi wakilnya Mertesacker di The Gunners. Tak hanya itu, ada juga dua kandidat lainnya yang bisa dijadikan sebagai wakil kapten, yakni Petr Cech dan juga Walcott.