Kesehatan anak dapat terpenuhi apabila banyak mengasup makanan sehat setiap harinya. Makanan sehat yang baik untuk anak salah satunya adalah sayuran, utamanya brokoli hijau. Namun sayang, banyak anak-anak yang tak menyukai jenis sayuran yang satu ini lantaran mempunyai rasa yang tidak terlalu enak.

Sayuran hijau yang bernama latin Brassica Oleracea ini sejatinya miliki banyak manfaatkan, khususnya untuk kesehatan anak lantaran mengandung vitamin C yang tinggi. Tingginya kandungan vitamin tersebut, menjadikan jenis sayuran yang satu ini diklaim punya khasiat yang luas biasa untuk kesehatan.

Salah satu manfaat brokoli yang bisa didapat apabila diasup secara rutin adalah mengatasi beragam masalah pada lambung. Pasalnya, brokoli juga kaya akan kandungan vitamin K, vitamin A, antioksidan, serta vitamin B yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

1. Mendongkrak fungsi hati

Organ tubuh yang dimiliki anak, utamanya bayi belum mampu bekerja secara optimal. Karenanya, sangat krusial bagi setiap ibu untuk memberikan makanan sehat dan bergizi seperti brokoli hijau guna mendongkrak fungsi hati di dalam tubuhnya. Didalamnya, jenis sayuran yang satu ini juga kaya akan kandungan anti-karsinogen dan antioksidan yang ampuh meluputkan anak dari serangan beragam penyakit.

2. Menyehatkan tulang

Brokoli hijau memang memiliki rasa yang kurang enak, tapinya sayuran hijau yang satu ini sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Di dalamnya, brokolo juga menyimpan kandungan vitamin K serta kalsium yang sangat krusial untuk kesehatan anak, utamanya untuk menyehatkan tulang anak.

3. Meminimalisir alergi

Manfaat brokoli hijau yang bisa diperoleh apabila diasup secara rutin oleh si kecil adalah mengurangi alergi serta peradangan. Tak hanya kaya akan vitamin, sayuran ini juga mengandung senyawa kaempferol dan isothiocyanates yang berperan krusial sebagai anti-inflamasi yang baik untuk tubuh. berdasarkan studi yang ada, senyawa tersebut mampu meminimalisir tingkat alergi pada anak. Tidak hanya itu, sayuran ini juga mampu mendongkrak kecerdasan anak berkat kandungan omega 3 yang dimilikinya.

4. Detoksifikasi

Brokoli hijau juga berkhasiat untuk menunjang proses detoksifikasi di dalam tubuh berkat dimilikinya senyawa glucoraphanin, glucobrassicin, serta Gluconasturtiin di dalam sayuran hijau yang satu ini. Lebih dari itu, brokoli juga menyimpan senyawa isothiocyanates yang berperan untuk mengendalikan proses detok sehingga menjadikan tubuh sang anak terjaga kesehatannya.

5. Mendongkrak imunitas tubuh

Brokoli hijau juga berkhasiat untuk mendongkrak sistem imunitas pada tubuh si kecil. Pasalnya, jenis sayuran hijau yang satu ini kaya akan kandungan fitokimia serta fitonutrien yang juga ampu melenyapkan racun dari dalam tubuh, sehingga anak akan terhalau dari flu dan serangan beragam virus penyakit lainnya.

6. Menyehatkan mata dan kulit anak

Vitamin dan senyawa lutein yang terkandung di dalam brokoli hijau berperan krusial untuk menjaga serta memelihara kesehatan mata si kecil dan meluputkannya dari beragam penyakit mata seperti katarak. Tak hanya itu, brokoli juga menyimpan senyawa glucoraphanin yang ampuh memulihkan kerusakan kulit yang dipicu oleh paparan sinar matahari.

7. Mencegah sembelit

Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan si kecil susah buang air besar. Brokoli hijau, kaya akan kandungan serat alami yang sangat krusial untuk menyehatkan sistem cerna di dalam tubuhnya. Karenanya, sangat penting bagi setiap ibu untuk memberikan asupan brokoli dalam menu makannya setiap hari. Pilihlah brokoli hijau yang masih segar agar manfaat yang diperoleh semakin optimal.