yandex
Kesehatan

Pentingnya Memberi Asupan Makanan Ini Tuk Tingkatkan Gizi Anak

Setiap harinya, kebutuhan nutrisi pada anak harus terpenuhi guna menunjang kesehatan tubuhnya. Sejatinya, nutrisi yang yang dibutuhkan oleh tubuh ini dapat diperoleh dengan mengasup beragam makanan sehat yang bernutrisi tinggi.

Dalam hal ini, seorang ibulah yang berperan untuk memperhatikan makanan apa saja yang perlu diasup oleh buah hatinya. Dibawah ini adalah beberapa makanan sehat yang ampuh tingkatkan gizi pada anak.

1. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu jenis buah yang vital untuk meningkatkan gizi anak. Buah yang punyai rasa asam segar ini kaya akan antioksidan, mineral, serta vitamin yang ampuh melenyapkan bahan kimia berbahaya bagi tubuh serta meningkatkan kekuatan memori otak.

Anda bisa memanfaatkan blueberry untuk membuat puding lembut sebagai makanan untuk anak yang menyehatkan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan jenis buah yang satu ini sebagai bahan dasar pembuatan kukis, brownies, dan muffin sebagai cemilan sehat untuk anak.

2. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan lemak baik, sehingga krusial untuk menyusutkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Mengasup jenis buah yang satu ini juga mampu mencegah sembelit, lantaran mengandung serat yang mudah terurai di dalam tubuh. Dengan demikian, anda bisa memberikan alpukat untuk bayi atau anak setiap harinya agar gizinya terpenuhi.

3. Salmon

Untuk meningkatkan gizi anak, anda juga bisa memanfaatkan ikan salmon yang didalamnya kaya akan kandungan omega-3. Dengan mengasup ikan salmon, maka akan menghalau terjadinya kemerosotan memori otak anak serta memperbaiki kondisi moodnya.

Yang perlu anda ketahui, pilihlah ikan salmon liar yang lebih baik kualitasnya guna mengurangi bahan kimia yang membahayakan, seperti merkuri dan PCB. Untuk pengolahannya, anda bisa membuat fish finger untuk buah hati anda sebagai camilan yang sehat dan bernutrisi.

4. Oatmeal

Gizi anak dapat terpenuhi, salah satunya dengan mengasup oatmeal sebagai menu sarapan. Pasalnya, jenis makanan sehat yang satu ini menyimpan kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga ampu mencegah peningkatan kadar gula darah serta meminimalisir kolesterol jahat di dalam tubuh.

Setiap paginya, anda bisa menyajikan makanan ini untuk disantap buah hati anda. Tapinya, anda perlu menghindari oatmeal siap saji yang dibeli di supermarket dan pilihlah oats yang utuh. Pasalnya, oats utuh memiliki kandungan serat yang lebih tinggi.

5. Ubi

Ubi merupakan salah satu jenis umbi-umbian sehat yang sangat krusial untuk mendongkrak gizi anak. Di dalamnya, ubi memiliki kandungan vitamin E, kalsium, zat besi, vitamin C, kalium, dan vitamin B yang diperlukan oleh tubuh. Tak hanya itu, ubi juga mengandung karbohidrat kompleks yang berperan krusial untuk mencegah tingginya kadar gula darah di dalam tubuh.

6. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam juga mampu mendongkrak gizi anak, lantaran menyimpan kandungan vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi, serta asam folat yang krusial untuk pertumbuhan otak dan tulang anak. Anda bisa menyajikannya sebagai camilan maupun ditumis. Agar sang anak tidak merasa bosan, anda bisa menghidangkannya dengan cara merebus bayam dengan kuah kaldu dan dicampurkan dengan jadung manis.

7. Yoghurt

Tak hanya memberikan sensasi yang menyegarkan, yoghurt juga mengandung protein serta kalsium yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan gizi anak. Mengasup yoghurt setiap harinya dapat memperkuat gigi dan tulang anak. Tak hanya itu, minuman yang satuini juga mampu memperbaiki sistem cerna di dalam tubuh serta memberantas bakteri jahat pada usus.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button