Duakali – Fenomena belanja besar-besaran di bursa transfer musim panas ini dinilai biasa oleh sang juru racik Bayern Munich Carlo Ancelotti. Pasalnya klub-klub itu memang punya pundi uang tebal untuk melakukannya.

Pau Pogba dihebohkan akan jadi pemain termahal dunia tahun ini menggantikan Gareth Bale yang diboyong 100 juta euro oleh Real Madrid 2013 lalu dari Tottenham Hotspur.

Alasannya hingga saat ini proses penawaran Juventus dan Manchester United masih berjalan. Jikalau nantinya tercapai kesepakatan, Pogba akan dihargai 120 juta euro yang nilainya mencapai 140 juta euro karena ditambah fee untuk agen Pogba, Mino Raiola.

Sebelum itu, skuat Juve sendiri juga “mengungkapkan” kas mereka dengan merekrut Gonzalo Higuain dari Napoli dengan harga 90 juta euro, yang menjadikannya pemain termahal dunia ketiga saat ini.

Menurut laporan Transfermarkt, Higuain masih jadi pemboyongan tertinggi lalu disusul Andre Gomes (Benfica-Barcelona) dengan harga 35 juta euro, lalu Granit Xhaka yang direkrut Arsenal dengan nilai 30 juta euro, Henrikh Mkhitaryan yang berharga 42 juta euro, atau Sadio Mane yang dibeli 41,2 juta euro oleh Liverpool

Bagi Ancelotti, hal tersebut sudah biasa dilakukan oleh klub-klub besar Eropa terutama mereka yang bertanding di Premier League. Dengan nilai kontrak hak siar yang makin melambung, terutama di Inggris, maka membelanjakan uang hingga lebih dari 1-2 triliun untuk satu pemain bukan sesuatu yang aneh.

“Saya pikir ini tidak cuma di sepakbola, dasarnya pasar memang seperti ini. Pastinya pasar akan meningkat, tapi pasar butuh orang yang menjual dan ada juga yang membeli,” tutur Ancelotti seperti diberitakan Soccerway.

“Seperti itulah guna pasar. Apakah lebih besar daripada dulu? Pasti lebih besar ketimbang dulu, tapinya investasi lewat kontrak hak siar di seluruh dunia juga semakin besar,” tambahnya.

“Sepakbola sangat penting, industri yang sangat-sangat menarik dan pasar memang seperti ini. Tapinya saya tidak melihat sesuatu yang istimewa. Saya rasa orang-orang mencintai sepakbola dan kami pun demikian,” pungkasnya.

Ancelotti sendiri mulai mengasuh Bayern di musim 2016/2017 dan sejauh ini baru melontarkan uang tak lebih dari 60 juta euro untuk merekrut Mats Hummels serta Renato Sanches.