Penderita diabetes di Indonesia semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Selain harus rajin berolahraga, setiap penderita penyakit diabetes harus memperhatikan makanan yang diasup agar kadar gula di dalam darah tetap terkontrol.

Sejatinya diabetes merupakan suatu kondisi dimana kadar gula didalam darah meningkat yang dihasilkan dari sejumlah makanan berkarbohidrat yang diasup setiap hari. Di dalam tubuh, karbohidrat mengandung kadar gula yang akan dilepaskan di dalam darah. Saat kadar gula meningkat, maka tubuh akan menghasilkan insulin yang membantu mengubah kadar gula menjadi sumber energi di dalam tubuh.

Setiap penderita diabetes sangat dianjurkan untuk selalu memperhatikan kandungan karbohidrat dalam setiap makanan yang diasup. Mereka juga harus memahami apa saja jenis makanan yang aman dikonsumsi dan berapa kadar nutrisi yang dimiliki dalam makanan tersebut.

Beberapa makanan seperti roti dan jenis makanan manis lainnya secara langsung diubah menjadi gula darah yang mengakibatkan terjadinya peningkatan kadar gula di dalam darah. Dibawah ini adalah beberapa makanan untuk penderita diabetes yang perlu anda ketahui.

1. Gandum

Gandum merupakan salah satu jenis makanan yang dapat diasup oleh pengidap diabetes yang dapat membantu mengendalikan kadar gula di dalam tubuh. Meski makanan ini mengandung karbohidrat, tapi gandum tergolong sebagai karbohidrat yang baik lantaran kaya akan serat larut. Di dalam tubuh, serat larut sangat lambat dicerna dan tidak menyeabkan kadar gula anda melonjak secara drastis.

Selain itu, mengasup gandum juga akan memberikan sumber energi yang lebih stabil sehingga mampu membantu anda untuk menurunkan berat badan. Serat larut yang dimiliki gandum menjadikan anda merasa kenyang lebih lama.

2. Strawberry

Mengasup strawberry sangat dianjurkan bagi anda yang mengidap penyakit diabetes. Dengan porsi yang tepat, strawberry tidak akan membuat kadar gula anda melonjak. Bila dibandingkan dengan biskuit dan permen, buah yang menyegarkan ini jauh lebih baik. Pasalnya, buah ini mengandung tingkat kalori yang minim namun kaya akan serat dan air, sehingga membuat anda merasa kenyang lebih lama.

3. Salmon dan daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan proteinnya, sehingga tidak memiliki banyak pengaruh terhadap kadar gula di dalam darah. Saat diasup dengan porsi yang tepat, salmon dan daging tanpa lemak bisa menjadi pilihan menu yang tepat untuk penderita diabetes.

4. Brokoli, bayam, dan kacang hijau

Brokoli, kacang hijau, dan bayam adalah beberapa jenis sayuran dan kacang-kacangan yang kaya akan serat dan memiliki kadar karbohidrat yang rendah, sehingga sangat krusial bagi anda penderita diabetes. Sejumlah penelitian menemukan bahwa mengasup makanan vegetarian rendah lemak mampu membantu penderita diabetes mengontrol kadar gulanya dengan baik. Lebih dari itu, penderita diabetes yang menerapkan menu makan ini mengalami penurunan dalam kebutuhan konsumsi obat diabetes.

5. Bawang Putih

Salah satu makanan untuk penderita diabetes yang dianjurkan adalah bawang putih. Mengasup bawang putih akan membantu anda mengkontrol serta menormalkan kadar gula lantaran mengandung vitamin A, vitamin B-1, dan protein. Senyawa alisin yang terkandung didalamnya pun sangat krusial untuk mengurangi gejala diabetes.

6. Beras merah

Bagi anda penderita diabetes, sangat dianjurkan untuk mengganti nasi putih yang biasa diasup setiap harinya dengan beras merah. Beras merah mengandung serat yang tinggi, sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama meskipun mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.