Pemerintah Permudah Visa Pekerja Asing

Jakarta: Pengusaha mengeluhkan lambannya perizinan visa pekerja asing untuk mendapatkan izin tinggal sementara. Hal ini jelas bakal merugikan negara, pasalnya, para investor bakal menarik investasinya dari Indonesia jika perizinan tersebut masih sulit didapatkan.

Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin, mengakui hal tersebut. Ia mengungkapkan, para pekerja asing yang hanya butuh dua sampai tiga hari di Indonesia untuk melihat kerusakan dan mesin industri, harus menunggu lama karena pengurusan izin pekerja asing di Indonesia memakan waktu hingga dua sampai tiga bulan.

“Jadi hasil rapat tadi mempermudah, misalnya tenaga asing yang hanya butuh dua sampai tiga hari di sini. Aturannya yang harus dipermudah, dan ini memudahkan investor untuk berinvestasi di Indonesia,” ucap Saleh, di kantor Wakil Presiden (Wapres), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2015).

Menurut dia, kesulitan memperoleh izin tinggal sementara sebagai pekerja di Indonesia membuat pekerja asing menyalahgunakan visa turis. “Akibatnya kan jadi pada datang pakai visa turis dan datang ke pabrik dua sampai tiga hari. Tapi kan itu melanggar, kalau kedapatan akhirnya dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” ujar dia.

Terkait risiko penyalahgunaan visa tersebut, pihaknya harus mensinkronisasi aturan tersebut agar menjadi lebih sempurna. Ia mengakui, aturan untuk mendapatkan izin pekerja asing di Indonesia disinkronisasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM) sebagai pembuat regulasi, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai penyelenggara aturan dan izin serta Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) sebagai proses tenaga kerja di lapangan.

“Makanya aturan ini harus disinkronkan. Kan bisa ketahuan kalau misalnya diorder perusahaan A. Nah yang bertanggung jawab harus perusahaan A,” tegas dia.

Saleh mengatakan, aturan kemudahan perizinan bagi pekerja asing ini ditargetkan akan rampung dalam satu bulan. “Secepatnya, paling ini kan langsung dibentuk tim untuk semacam buku petunjuk sehingga dapat dimudahkan. Paling lama satu bulan lah ditetapkan,” pungkas Saleh.

AHL

Sumber : metrotvnews.com