Pemerintah Jamin Bank Penyalur KUR Rp1 Triliun

Jakarta: Pemerintah melalui beberapa menteri ekonomi telah menyepakati dana penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini sebanyak Rp20 triliun. Meskipun turun dibandingkan tahun lalu. namun pemerintah optimistis penyaluran KUR ini dapat menyasar pada pengusaha kecil yang benar-benar membutuhkan.

Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Menkop UMKM). Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga. mengatakan. plafon penyaluran kredit untuk tahun ini sendiri juga turun dibandingkan tahun lalu. yakni maksimal sebanyak Rp15 juta.

“Sekarang jelas. maksimal kredit Rp15 juta tanpa agunan. Bunganya juga turun. dulu kan 22 persen sekarang 21 persen.” kata Puspayoga. saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian. Jalan Lapangan Banteng. Jakarta Pusat. Selasa (3/3/2015).

Ia melanjutkan. tahun ini pemerintah melibatkan tiga penyalur bank kredit. Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah dipastikan. sedangkan Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Mandiri akan diundang menjelang pelaksanaan penyaluran kredit tersebut.

“Menjelang pelaksanaannya nanti. kita akan undang Mandiri dan BNI. Kita minta kesiapan bank itu untuk menyalurkan KUR lagi.” papar Puspayoga.

Ia mengakui. penyaluran KUR akan dimulai pada 10 Maret. Saat ini menteri-menteri terkait sudah memantapkan proses KUR itu sendiri. Setelah itu. nantinya proses KUR ini akan diajukan kepada Presiden untuk dijadikan Peraturan Presiden (Perpres).

“Menunggu Perpres (untuk jalankan keputusan KUR ini). Besok kita akan ajukan (ke Presiden). Mudah-mudahan sebelum 10 Maret sudah keluar Perpres-nya.” tambah dia.

Terkait dana KUR yang akan disalurkan dari dana internal bank. Puspayoga menjamin. kredit macet atau non performing loan (NPL) tidak akan terjadi pada bank-bank penyalur KUR tersebut. Pasalnya. untuk menstimulus perbankan. pemerintah telah menyiapkan Rp1 triliun sebagai dana jaminan yang akan disalurkan lewat perusahaan penjamin kredit. yakni PT Askrindo dan Perum Jamkrindo.

“Dana yang ada dalam APBN-P kemarin itu penjamin pemerintah untuk penyaluran kredit. Rp1 triliun dari Askrindo dan Jamkrindo. masing-masing Rp500 juta. Jadi setiap kredit (KUR) yang disalurkan itu akan dijaminkan oleh Askrindo dan Jamkrindo.” pungkas Puspayoga.Sumber : Metrotvnews.com