yandex
Bisnis

Peluang Bisnis Cemilan Stik Akar Kelapa Hasilkan Omzet 2 Juta/Bulan

Pada dasarnya, ide usaha bisa didapat dari mana saja dan kapan pun, tergantung dari pelaku usahanya sendiri. Hal inialh yang dialami oleh Yuli Harry, seorang karyawati muda yang saat ini menorehkan kesuksesan dengan bisnis makanan cemilan stik akar kelapa yang dirintisnya.

Awalnya, ide usaha ini didapatinya ketika ia melihat temannya menjual alat untuk membuat stik akar kelapa melalui akun Facebook. Yuli yang semasa kecil sering ngemil stik akar kelapa langsung berminat untuk membelinya.

“Sejak kecil, saya sering ngemil makanan ini karena di Lampung, banyak sekali yang menjual jenis cemilan yang satu ini. Kebetulan juga, ada teman saya di Facebook yang memposting peralatan untuk membuat stik akar kelapa. Alhasil, saya pun tertarik untuk membelinya,” tutur Yuli.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat stik akar kelapa tidaklah susah untuk mendapatkannya, yakni telur, tepung ketan, dan beragam bumbu lainnya. Sejak saat itulah, Yuli pun mencoba mempraktekkannya di rumah. Setelah melakukan beberapa percobaan dan hasilnya gagal, namun akhirnya Yuli pun berhasil mendapatkan resep akar kelapa yang enak.

“Dalam praktek pembuatannya, saya sempat mengalami beberapa kali kegagalan. Pernah terlalu asin, adonannya kurang pas. Tapinya, saya berhasil mendapatkan resep yang pas,” sambung Yuli. Sebelumnya, Yuli mengaku tidak berpikiran untuk menggeluti bisnis cemilan akan kelapa ini.

cemilan-akar-kelapa

Namun saat lebaran, ia membuat stik akar kelapa dan dibagikan kepada rekan-rekan di kantornya untuk bingkisan lebaran. Tak disangka, stik kelapa yang dibuat Yuli disukai oleh teman-temannya. “Kalau Lebaran tiba, di kantor selalu ada acara tukar bingkisan. Saya pun kepikiran untuk membuat stik akar kelapa dan mengemasnya di toples. Ketika saya memberikan makanan tersebut kepada 10 orang rekan saya, mereka memberikan respon yang posifit sekali,” bebernya.

Sejak saat itulah, teman-teman di kantor saya banyak yang memesan untuk dibuatkan lagi. Setelah itu, Yuli pun mulai menawarkan produk stik akar kelapanya melalui Facebook pribadinya. Tak hanya itu, Yuli pun secara khusus membuat akun instagram hanya untuk menjual stik akar kelapa buatannya.

Yuli mengaku, bisnis cemilan ini semakin meluas sejak saya mempostingnya di Facebook dan ternyata banyak yang memesannya. Alhasil, yuli pun mulai membuat label untuk produk stik akar kelapa buatannya. Tidak hanya memasarkannya melalui medsos, Yuli pun menjajakan produk cemilannya itu melalui kantin di perusahaan tempat ia bekerja.

Saat ini, bisnis cemilan stik akar kelapa milik Yuli sudah banyak dipesan oleh masyarakat secara luas, yakni sudah tersebar ke daerah Tanggerang Selatan, Bogor, dan juga Bengkulu. Dalam usaha bisnis cemilannya ini, Yuli menjual produknya dengan harga Rp 25.000 untuk kemasan plastic 200 gram, Rp 60.000 untuk yang dikemas menggunakan toples 400 gram, dan Rp 35.000 untuk yang toples kecil berukuran 230 gram.

Saat ini, bisnis cemilan stik akar kelapa yang digeluti Yuli telah menghasilkan omzet mencapai Rp 2 juta setiap bulannya. Sedangkan untuk modal usahanya, Yuli hanya merogoh kocek sebesar Rp 500.000 untuk membeli peralatan serta bahan baku pembuatannya.

“Sekarang, per bulannya saya sudah meraup omzet sebesar Rp 2 juta. Modalnya terbilang kecil, yakni panic berukuran besar seharga Rp 300 ribu, sealer Rp 150 ribu, dan juga timbangan seharga Rp 50 ribu,” pungkas Yuli.

Kedepannya, Yuli mempunyai rencana untuk memberikan bagian dari ilmu membuat stik akar kelapa kepada orang lain. Tapinya, Yuli belum mendapatkan peralatan yang pas untuk mencetak stik akar kelapanya. Apabila sudah ada orang yang bisa membuat cemilan stik akar kelapa dengan rasa sesuai standarnya, Yuli akan menjadikannya sebagai relasi kerja dan ia hanya ingin fokus untuk penjualannya saja.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button