American Heart Association (AHA) menganjurkan kepada masyarakat untuk rajin mengasup ikan yang kaya akan asan lemak omega-3 untuk memelihara kesehatan jantung. Kandungan omega3 yang dimiliki ikan lebih rendah daripada daging dan diklaim baik untuk kesehatan jantung.

Guna mendapatkan hasil yang optimal, AHA menghimbau untuk mengasup ikan selama dua kali dalam satu minggu dalam porsi 3,5 ons. Tak hanya ikan, ada juga beberpa jenis makanan sehat lainnya yang dapat menyehatkan jantung, yaitu edamame, kacang kenari, tomat, dan juga cokelat.

Seperti yang dilansir Time, cokelat hitam memiliki kandungan kokoa sebesar 74 persen yang mampu menjaga kesehatan kardiovaskular. Dalam sebuah penelitian Jurnal Circulation Heart Failure membuktikan bahwa wanita yang sering mengasup cokelat hitam sebanyak 2 kali seminggu dapat menekan risiko penyakit jantung sebesar 32 persen apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Sejumlah penelitian pun menyebutkan bahwa kandungan flavanol dan polifenol yang dimilikinya mampu membantu melindungi jantung anda. Sementara itu, edamame adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan kandungan folat, kalium, dan magnesium. Nutrisi ini mampu menurunkan tekanan darah sehingga mencegah penyakit jantung.

Mengasup jenis kacang yang satu ini juga mengandung serat yang berperan untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk mendongkrak produksi resesor low-density lipoprotein (LDL) guna menghilangkan kolesterol jahat di dalam darah.

Mengasup tomat yang kaya akan kandungan likopen juga diyakini mampu menjaga kesehatan jantung anda. Kandungan yang dimilikinya pun sangat baik untuk meningkatkan pelebaran darah untuk seseorang yang mengidap penyakit kardiovaskular.

Selain edamame, anda bisa mengasup kacang kenari yang memiliki asam lemak omega-3 dan antioksidan yang tinggi untuk meminimalisir risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi 1 ons kacang kenari dalam seminggu sebanyak 5 kali mampu menurunkan risiko penyakit jantung sampai 40 persen.