Pelaku Bom Bangkok Menghadap Pengadilan

DUAKALI.COM – Dua orang yang dituduh sebagai pelaku yang merencanakan pemboman di Bangkok, Thailand, akhirnya menghadap pengadilan. Kedua pelaku yang menghadap pengadilan Selasa (24/11/2015) pagi ini adalah dua pria Uighur dari Tiongkok bernama Mohammad Bilal dan Yusufu Mieraili.

Menurut Khaosod English, jaksa mengenakan 10 tuduhan pada mereka, termasuk upaya pembunuhan terencana dan kepemilikan alat-alat peledak. Otoritas Thailand tidak menjelaskan apa yang menjadi motif sebenarnya dari aksi pemboman itu, namun mereka mengatakan motifnya tak berkaitan dengan isu politik atau religius.

Dikatakan oleh Wall Street Journal, Bilal adalah berkaos kuning dan berkacamata yang tertangkap kamera meletakkan sebuah ransel berisi bom di dekat kuil Erawan. Sedangkan, Yusufu adalah sosok yang diyakini meledakkan bom itu dari jauh.

Keduanya menghadap persidangan berselang tiga bulan setelah insiden pemboman yang menewaskan sekitar 20 orang pada 17 Agustus 2015 lalu itu. Menunggu jadwal persidangan, sejak ditangkap keduanya di tahan di lapas kemiliteran di Bangkok, sembari kasus itu diinvestigasi dan dipersiapkan oleh pihak kejaksaan.