yandex
Kesehatan

Pahamilah Makanan Yang Harus Diasup Anak Saat Berpuasa

Memberikan pengajaran kepada anak-anak untuk berpuasa memang menjadi tugas yang penting dilakukan oleh setiap orang tua. Akan tetapi, orang tua juga harus memahami makanan yang harus diasup oleh mereka saat sahur dan berbuka.

Dr. Reni Wigati, Sp. A(K) menyatakan bahwa ada baiknya, setiap orang tua tidak memilih makanan yang kaya akan kandungan gula, melainkan kaya akan serat supaya gizi sang anak terpenuhi sampai waktu berbuka tiba.

“Saat sang anak sudah memiliki keinginan untuk berpuasa, pastinya kita sebagai orang tua harus mengajarkan bagaimana caranya mereka mengasup makanan sahur dan berbuka yang baik, yakni makanan yang tidak terlalu manis. Sebab, gula itu sangat mudah terusai di dalam tubuh,” jelasnya.

Dr. Reni menganjurkan agar setiap orang tua memilih makanan yang mengandung serat tinggi, misalnya nasi atau oatmeal, dan roti gandum. Dengan makanan seperti ini, maka kebutuhan sang anak terpenuhi sampai tiba waktunya untuk berbuka.

Berpuasa bukanlah hal yang diharuskan untuk anak. Tapi momen Ramadhan bisa dijadikan sarana pembelajaran. Yang paling penting ialah bagaimana setiap orang tua membimbing dan mengarahkan anak-anak dari memilihkan makanan yang diasupnya ataupun dari sisi agamnya.

“Lantaran anak belum diwajibkan untuk berpuasa, kita tanamkan dulu pengetahuan mengenai makanan yang harus diasupnya dan kebutuhan agamanya. Kita bisa memilihkan makanan yang tidak terlalu manis, kalau bisa yang punya serat tinggi,” papar Dr. Reni.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button