Saat bayi beranjak usia yang ke 6 bulan, sudah waktunya memberikan asupan nutrisi lewat makanan padat. ASI memang masih diperlukan bayi, tapinya perkembangan bayi tentu membutuhkan asupan gizi lainnya dari makanan pendamping ASI. Nutrisi berikut ini akan membantu tumbuh kembang bayi mulai dari fisik hingga perkembangan otaknya.

1. Zat besi

Jenis mineral ini bekerja penting dalam membuat “hemoglobin”. Zat besi mempunyai kegunaan untuk memperlancar sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tapinya zat besi juga membantu perkembangan keterampilan motorik dan memori otak.

Yakinkan sang buah hati menerima asupan “11 miligram” zat besi yang bisa didapat dari daging sapi, ayam, ikan, telur, alpukat, brokoli serta bayam.

2. Zinc

Nyaris sama seperti zat besi, tapinya nutrisi ini melindungi otak bayi untuk terus berkembang dan bergerak. Zinc juga berguna untuk produksi sel darah putih yang dapat “melawan” infeksi serta meyakinkan sel-sel tubuh bertumbuh dengan baik.

Jenis nutrisi ini, umumnya dikandung dalam daging sapi dan daging ayam. Tapinya pada umumnya makanan yang mengandung zat besi juga mengandung zinc.

3. Kalsium dan Vitamin D

Kalsium sangat baik untuk menumbuhkan tulang kuat dan vitamin D sangat bagus untuk membantu penyerapan kalsium. ASI dan susu formula memang telah memberikan kalsium yang diperlukan bayi. Tapinya, Anda tetap perlu memberikan asupan kedua nutrisi ini yang bisa di dapatkan dari telur dan ikan.

4. Omega-3

Tapinya “Omega-3” sudah diketahui untuk kesehatan jantung. Buat bayi, nutrisi ini miliki kegunaan lain, yaitu membantu pertumbuhan otak dan mata.

Beragam studi juga mengutarakan bahwa, omega-3 akan membantu pertumbuhan kemampuan kognitif bayi. Lemak sehat ini pun, membantu tubuh menyerap vitamin A dan E. Omega-3 bisa didapatkan dari alpukat, salmon, tuna, minyak zaitun, dan lainnya.

5. Vitamin A, B, C dan E

Keempat jenis vitamin ini dapat membantu pertumbuhan saraf, organ mata, kulit hingga mengembangkan fungsi kekebalan tubuh. Tapinya jenis vitamin ini menjadi paket lengkap sebagai nutrisi yang diperlukan bayi.

Tapinya Anda tak perlu khawatir lagi untuk memasukkan berbagai jenis sayuran yang terbukti mempunyai kandungan vitamin yang tinggi.

Vitamin A dikandung dalam wortel serta ubi. Sementara sayuran hijau dan pisang memiliki kandungan vitamin B yang tinggi. Vitamin C ada di dalam tomat, jeruk, stroberi hingga melon. Tapinya biji-bijian juga diperlukan karena mengandung vitamin E.