yandex
Otomotif

Nissan GT-R Nismo Andalkan Mesin V6 Twin Turbo Berkapasitas 3.800cc

Untuk melanjutkan kesuksesan yang pernah ditorehkan Nissan GT-R, perusahaan asal ‘Negeri Sakura’ itu kembali meluncurkan mobil anyarnya yakni Nissan GT-R Nismo. Layaknya pada produk pendahulunya, mobil ini disenjatai dengan mesin yang tidak kalah bertenaga.

Nissan GT-R Nismo disenjatai dengan mesin V6 Twin Turbo yang mengusung kapasitas 3.800cc yang mampu menyemburkan tenaga optimum sebesar 600 Horsepower. Jika dibandingkan dengan versi GT-R standarnya, mesin ini lebih jauh bertenaga lantaran pada versi standarnya hanya mampu menghasilkan 565 horsepower.

Pada peluncuran perdananya, Nissan memilih lokasi di Nurburgring Jerman dalam memperkenalkan GT-R Nismo sebagai kendaraan anyar mereka. Pasalnya, Nurburgring dikenal sebagai tempat yang mempunyai trek balap paling panjang dan miliki histori yang tak terluputkan dalam pengembangan Nissan GT-R Nismo edisi terbaru ini. Bagaimana tidak, mobil ini menjadi saksi pengasahan, penyetelan, sampai pengevaluasian performa mobil ini.

Sebagai informasi tambahan, nama Nismo sendiri pada dasarnya merupakan divisi penyetelan motorsport yang dipunyai Nissan, sehingga mobil Nissan GT-R Nismo tergolong sebagai edisi spesial yang telah menorehkan perhatian khusus dari Nismo guna mendongkrak suspensi dan performa mesinnya.

Mobil ini sendiri dirancang dengan desain bodi yang begitu aerodinamis berkat diusungnya serat fiber di bagian bumper depan dan belakangnya. Tak hanya itu, di sisi side sils serta spolilernya pun dibalut dengan serat fiber yang mampu menghasilkan proporsi yang lebih baik pada saat dikemudikan dengan kecepatan yang tinggi.

Sedangkan di bagian grill depannya, Nissan merancangnya dengan dimensi yang lebih bongsor sehingga udaranya dapat tersalurkan dengan begitu sempurna ke bagian mesinnya. Lebih dari itu, di bagian suspensinya pun mobil ini disenjatai dengan Bilstein DampTronic suspension system yang terbagi dalam 3 pilihan mode berkendara.

Menariknya lagi, Nissan GT-R Nismo juga dibenami dengan Nismo Tuned 17.3 mm hollow rear stabilizer bar yang menjadikan performanya semakin akurat dan terkontrol kestabilannya. Sedangkan untuk kaki-kakinya sendiri, tersemat velg Nismo Black yang mempunyai diameter berdimensi 20 inci.

interior-nissan-gt-r-nismo

Beralih ke bagian kabinnya, mobil ini mengusung jok Recaro yang mengandalkan kolaborasi warna antara hitam dan juga merah. Tersedia juga sistem tachometer yag dirancang dengan warna merah yang menekankan kesan modern dan elegan pada mobil ini.

Menariknya lagi, Nissan GT-R Nismo juga dibenami dengan layar sentuh berdimensi 7 inci, lengkap dengan pengontrol suara yang tersemat di bagian RearView guna memberikan kemudahan kepada pengemudinya ketika memarkirkan mobil. Tersedia pula sistem navigasi GPS dan beragam fitur lainnya untuk menunjang kebutuhan para penggunanya.

Hebatnya lagi, Nissan GT-R Nismo juga disenjatai dengan sistem audio yang diusung oleh BOSE dengan mengandalkan 11 speaker serta 2 subwoofersnya. Lalu untuk sistem keamanannya, Nissan membenaminya dengan airbag di masing-masing sisinya serta Immobilizer. Dari sejumlah kecanggihan yang dimiliki mobil ini, harga Nissan GT-R sendiri dibanderol senilai $ 149,990 atau Rp 2 Miliar.

Di Indonesia, Nissan GT-R sudah tersedia untuk versi standarnya yang telah diperkenalkan di penghelatan ajang Tokyo Motor Show 2007. Walaupun harganya dibanderol sebesar Rp 3 miliar, tapinya banyak masyarakat yang meresponnya dengan begitu antusias untuk memilikinya. Apalagi, mobil ini disokong oleh dukungan dapur pacu yang begitu mumpuni dan berkualitas. Salah satunya dengan dibenami mesin berkapasitas 3.8 L V6 DOHC yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 478 hp pada rotasi mesin 6.400 rpm dan torsi optimumnya mencapai 558 Nm pada 5.200 rpm.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button