Ducati Indonesia balik lagi dengan pemegang merek baru, PT Garansindo Euro Sports, dan langsung menggelontor banyak model di IIMS 2016. Sebagai ikonnya, Panigale R tampil perkasa di booth Ducati Hall B JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Inilah model terseremnya yang saat ini dimiliki Ducati Indonesia. Harganya spektakuler, tercatat Rp 1.978.900.000 atau hampir Rp 2 miliar! Harga tersebut sudah berstatus on the road Jakarta, ter-cover asuransi TLO, dan hanya berlaku selama IIMS 2016.

Apa keunggulannya? Tentunya, model ini adalah reinkarnasi dari versi balap Panigale yang digunakan pada ajang World Superbike (WSBK). Bisa dibilang, inilah versi legal jalanan dari motor balap. Lekuk tubuhnya begitu seksi, sampai-sampai moncong hiu di bagian depannya dipertahankan.

Model R dalam jejeran sepeda motor Ducati selalu ”wow”. Mesinnya berkualitas 1198 cc tipe L-Twin dengan unsur titanium, mampu menyemprotkan tenaga hingga 205 tk @11.500 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 136 Nm @7.500 rpm.

Memiliki sasis yang rigid dan ringan, Ducati memasangkan interupsi balap konvensional dari Öhlins. Berbeda dengan Panigale dan Panigale S yang sudah elektronik. Sokbreker depan memiliki diameter 43 mm dengan tipe Öhlins TIX30, sedangkan di belakang mengusung tipe TTX36.

Dibalik interupsi yang masih konvensional, terdapat juga perangkat elektronik canggih di motor ini. Seperti EBD (Engine Brake Control), DQS (Ducati Quick-Shift), DWC (Ducati Wheelie Control), DTC (Ducati Traction Control) with IMU (Internal Measurement Unit) dan cornering ABS.

Sistem kontrol pada motor ini diyakinkan pada Bosch 9.1 MP. Ducati Panigale R diwujudkan sudah siap untuk turun di arena balap.

Ducati Indonesia mengutarakan bahwa model ini sudah ready stock dan siap dipinang. Berikutnya, akan turun Panigale Series lainnya pada semester kedua tahun ini. Mereka adalah Panigale 959, 1299, dan S 1299.