DUAKALI.COM – proses bersalin dengan bedah sesar sudah menjadi umum di masyarakat, Moms tidak perlu khawatir jika ingin menyusui bayi secepatnya. Pasalnya, bisa langsung menyusui

Mintalah bantuan dokter dan perawat agar tidak merasa terhalang untuk menyusui, setelah melahirkan. Jika berencana untuk menyusui, dapat memulai di ruang pemulihan setelah operasi.

Mintalah perawat untuk menunjukkan cara tepat untuk meletakkan si bayi berbaring di dada untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD). Teknik ini menjadi kunci kesuksesan pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia enam bulan.

Dikutip Babycentre, Sabtu (15/8/2015), mungkin sebagian ibu merasakan jika menyusui adalah bagian yang paling menantang di hari setelah bersalin sesar. Karena itu, disebabkan oleh rasa sakit dari penyembuhan sayatan.

Saat itu juga, lakukan konsultasi laktasi dengan ahlinya sesegera mungkin. Ini dilakukan untuk membantu membenarkan posisi bayi nyaman, sehingga Anda tidak merasakan puting sakit.

Jika rumah sakit tidak memiliki konsultan laktasi, mintalah perawat atau suami Anda untuk mencari ahli laktasi di sekitarnya. Tertarik?Silahkan dicoba!