Mitsubishi Motors Corp's President Tetsuro Aikawa speaks next to its concept car eX concept electric crossover during a presentation at the 44th Tokyo Motor Show in Tokyo, Japan, October 28, 2015. REUTERS/Yuya Shino

Empat mobil Mitsubishi yang terkena kasus “emisi”, sudah kembali diperjualkan. Sebelumnya, pemerintah Jepang sempat membekukan penjualan produk Mitsubishi tersebut, sebelum mendapatkan lampu hijau.

Diberitakan dari Nikkei, pada hari Sabtu kemarin, dealer Mitsubishi di seluruh Jepang sudah mulai menerima pesanan sejak hari Jumat kemarin, untuk model eK Wagon dan eK Space. Kemudian juga untuk dua model lainnya yang dipasarkan oleh Nissan Motor, Dayz dan Dayz Roox.

Keempat model telah dicabut dari pasar Jepang pada tanggal 20 April, pada saat Mitsubishi Motors mengaku “manipulasi” data uji emisi. Setelah melakukan pemesanan pada Jumat, kendaraan akan dikirim ke konsumen pada hari Selasa besok .

Salah satu petinggi dealer Mitsubishi mengutarakan bahwa, penjualan pada pembukaan awal di hari Jumat terbilang rendah, bisa jadi karena hari kerja. Mitsubishi Motors sendiri telah menginstruksikan para dilernya untuk tidak melakukan promosi secara besar-besaran.

“Terpaut dengan ini, kami sudah diumumkan tiga hari sebelum dibuka kembali pemesanan produk tersebut. Harga yang dibanderol juga masih sama, dibanding sebelum skandal. Tapinya beberapa dealer mungkin menyediakan beberapa penawaran menarik seperti diskon dan aksesori,” ucap petinggi dealer tersebut.

Diaktifkannya kembali penjualan tersebut, maka pabrik Mizushima di Prefektur Okayama akan kembali beroperasi. Empat produk tersebut dibuat dan akan mengawali uji produksi hari Senin ini.

Totalitas volume produksi akan terus ditambah sampai 5.000 unit (total empat model) hingga tanggal 20 Juli nanti. Kemudian di September, dua shiftkerja mulai diaktifkan, dan volume kembali ditambah menjadi 9.000 unit.