Minum Minuman Beralkohol Menyebabkan IQ Menurun

DUAKALI.COM – Percayakah anda jika anda merasa mempunyai kecerdasan yang rendah, coba amati kembali apakah anda sering minum minuman beralkohol. Bisa jadi minuman tersebut yang menjadi penyebabnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak minum minuman beralkohol mempunyai IQ yang rendah. Bagaimana ini bisa terjadi?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia telah membutikannya. Kajian ini melibatkan 50.000 orang Swedia yang lahir di antara tahun 1949-1951 yang bekerja sebagai tentara pada tahun 1969-1971. Data lain yang juga dikumpulkan adalah kebiasaan minum minuman beralkohol dan juga hasil tes IQ.

“Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan antara skor IQ yang rendah dengan kebiasan minum alhkohol yang banyak,” tutur sang peneliti, Sara Sjolund.

Tidak hanya sampai disitu, kebiasaan buruk minum alkohol juga riskan terhadap bunuh diri dan kemampuan belajar yang rendah. “Itulah kenapa seorang pria tidak boleh minum minuman beralkohol lebih dari 500ml per hari,” saran seorang dokter Inggris.

Bahkan untuk wanita, jumlah maksimal mengkonsumsi anggur adalah 125cc per hari, tandasnya.

Sayangnya, hasil penelitian tersebut dibantah oleh seorang profesor Institut Karolinska, Swedia. Daniel Flakstedt menuturkan “tingkat kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh sosial-ekonomi dan gaya hidup.”

Dia juga menyimpulkan bahwa kecerdasan yang tinggi terkait dengan gaya hidup yang sehat, tidak hanya ditentutkan seberapa banyak mengonsumsi alkohol.