yandex
Kesehatan

Miliki Kebiasaan Tidur Tengkurap? Waspadai 8 Bahayanya Untuk Kesehatan

Miliki waktu tidur yang optimal, tentunya akan menjadikan aktivitas anda menjadi lebih baik. Pada dasarnya, waktu tidur yang ideal adalah 8 jam setiap harinya. Berbicara terkait tidur, terntunya hal ini tidak terluputkan dengan yang namanya posisi tidur, karena masing-masing orang mempunyai posisi tidur yang berbeda-beda, mulai dari miring, terlentang, maupun tengkurap.

Sejatinya, posisi tidur yang baik akan membuat kualitas tidur seseorang menjadi lebih baik dan tentunya lebih nyenyak. Tapinya, perlu anda ketahui bahwa tidak semua posisi tidur yang biasa dilakukan itu baik bagi kesehatan. Sejumlah ahli memaparkan bahwa posisi tidur tengkurap mempunyai imbas yang buruk terhadap kesehatan apabila dilakukan setiap hari. Dibawah ini adalah beberapa bahaya tidur tengkurap yang perlu diketahui.

1. Pegal dan nyeri

Salah satu bahaya tidur tengkurap adalah akan timbul rasa pegal serta nyeri. Pasalnya, dengan posisi tidur seperti itu, maka akan menghambat peredaran darah, sehingga saat anda terbangun akan menjadikan tubuh terasa lemas, pegal, dan juga nyeri.

2. Sakit kepala

Seseorang yang miliki kebiasaan tidur tengkurap maka akan sering mengeluhkan sakit pada kepalanya. Posisi tidur tengkurap cenderung akan menjadikan kepala anda miring sebelah, sehingga memberikan tekanan akibat beban tubuh yang turut jatuh ke sisi samping. Kondisi seperti itu akan membuat aliran darah di bagian kepala anda menjadi terhambat, sehingga mengakibatkan munculnya sakit kepala.

3. Sakit leher

Setiap orang yang tidur dalam posisi tengkurap, ketika sudah tertidur dengan lelap, seringkali tidak mengubah posisi tidurnya. Kondisi tersebut akan menyebabkan ketegangan pada bagian saraf sekitar leher belakang. Tak hanya itu, menggunakan bantal yang kurang baik pun akan membuat kondisi leher bagian belakang menjadi sakit saat anda terbangun.

4. Menghambat sistem pernapasan

Bahaya tidur tengkurap lainnya adalah menghambat sistem pernapasan, karena posisi tidur seperti itu akan menjadikan lubang hidung tidak terbuka seluruhnya dan tersumbat oleh bantal. Dalam hal ini, dada pun akan terasa lebih berat dan nyeri saat anda terbangun di keeseokan harinya.

5. Merusak pusat saraf

Posisi tidur tengkurap juga akan mampu menghambat aliran darah ke bagian pusat saraf otak. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya kerusakan pada bagian pusat saraf di kepala. Lebih parahnya lagi, hal ini juga berimbas buruk terhadap cara berpikir seseorang karena akan memperlambat proses berpikirnya.

6. Urat terjepit

Pada seluruh bagian tubuh manusia, terdapat banyak urat yang berkesinambungan dengan peredaran darah. Saat seseorang tidur dalam posisi tersebut hingga beberapa jam, maka urat-urat di bagian tubuhnya dapat menjadi terkilir atau terjepit. Kondisi ini tentunya akan menjadikan anda tidak nyaman saat melakukan beragam rutinitas setiap harinya.

7. Muncul tanda-tanda penuaan dini

Setiap orang yang miliki kebiasaan tidur tengkurap hingga berjam-jam, maka akan membuat aliran darah di area wajah menjadi tidak lancar, sehingga akan menimbulkan kerutan serta garis-garis halus pada bagian kulit wajah. Hal ini apabila terjadi secara berkelanjutan akan menjadikan wajah anda rentan menimbulkan kerutan, utamanya di bagian sudut mata dan bibir, dimana hal ini merupakan tanda-tanda dari penuaan dini yang tentunya sangat dihindarkan oleh setiap orang, khususnya bagi kaum wanita.

8. Membuat ulu hati tidak nyaman

Posisi tidur tengkurap yang dilakukan terlalu lama juga mampu memberikan tekanan yang sangat mengganggu ulu hati di dalam tubuh. Kondisi tersebut akan menjadikan seseorang merasa mual dan juga ingin muntah. Oleh karena itu, anda perlu menghindari posisi tidur tengkurap untuk menghindarkan beragam masalah kesehatan yang mengganggu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button