yandex
Tekno

Microsoft Menjual Hak Cipta Pada Xiaomi, Membangun Kemitraan Jangka Panjang

Perusahaan Amerika Serikat, pembuat perangkat lunak Microsoft Corporation menjual sekitar 1500 Goodwill (patent) pada pembuat perangkat china Xiaomi, hingga banyak sekali pihak lain menilai kalau langkah Microsoft ini jarang sekali dilakukan oleh perusahaan Amerika Serikat. Sebaliknya kedua belah pihak perusahaan, Microsoft dan Xiaomi mengatakan kalau hal ini merupakan langkah awal dari bentuk kemitraan jangka panjang.

Kesepakatan diumumkan hari ini, 1 juni 2016 , juga termasuk hak cipta pengaturan lisensi silang dan komitmen oleh Xiaomi untuk mengintal salinan perangkat lunak Microsoft, termasuk Office, skype pada phonsel dan tablet. Dalam hal ini kedua perusahaan juga menolak membahas masalah keuangan, karena ini adalah bentuk kesepakatan kolaborasi yang sangat besar antar Microsoft dan Xiaomi.

Ambisi Xiaomi untuk menjadi pemain utama di luar china terhambat oleh perlindungan patent lemah dan ketakutan pada pertempuran hokum berkepanjangan. Kesepakatan ini hanya mungkin memberi mereka cukup goodwill untuk pindah ke pasar, seperti yang dikatakan Sameer Singh, analis di inggeris, menurut beliau posisi mereka di China diserang konstan dari vendor Android bahkan jauh lebih rendah, sehingga membuat langkah keluar negeri.

Pengiriman ponsel Xiaomi turun dari tahun-ke-tahun di Cina pada kuartal pertama, menurut Strategy Analytics, dan pangsa pasarnya turun menjadi cukup drastis, dibandingkan tidak hanya oleh Huawei dan Samsung Electronics tetapi juga lebih kecil pesaing termasuk Oppo dan Vivo.

Wang Xiang, Wakil Presiden Senior Xiaomi, menyatakan akuisisi Goodwill Microsoft temasuk komunikasi suara, multimedia dan komputasi awam, ini merupakan langkah maju yang penting untuk memsupport ekspansi Xiaomi secara internasional. Dalam hal ini, Jonathan Tinter, wakil presiden Microsoft sendiri, tidak bersedia memberikan penjelasan lebih detail tentang penawaran paten, tetapi hanya mangatakan secara keseluruhan kesepakatan tersebut dilakukan hanya dengan beberapa mitra strategis.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button