yandex
Gaya HidupKesehatan

Metode Gampang Tuk Perlambat Penuaan

Duakali – Menjadi tua pasti dijalani setiap orang. Tapinya, muncul tanda-tanda penuaan pada tubuh pastinya tidak dinginkan banyak orang. Oleh karena itu, banyak orang melakukan berbagai hal untuk memperlambat datangnya tanda-tanda penuaan itu. Nah, berikut ini adalah cara senderhana untuk melakukannya.

1. Meditasi dan olahraga

Penelitian tentang dampak penuaan mendapatkan jikalau nantinya stres dapat mempercepat tand-tanda penuaan pada tubuh kita. Para studi mengutarakan stres kronis memicu berbagai penyakit yang bersangkutan dengan bertambahnya usia. Seperti penyakit kardiovaskular, penurunan kekebalan tubuh, hingga penyakit degenerasi saraf.

Nah, untuk memangkas dampak “beracun” dari stres, cobalah melakukan hal-hal yang bisa mengurangi stres. Contohnya adalah meditasi. Tapinya meditasi terbukti dapat menurunkan kecemasan, depresi, dan kemarahan, sambil meningkatkan kondisi psikologis kita. Selain meditasi, olahraga juga bisa menjadi cara ampuh untuk melawan stres.

2. Konsumsi makanan segar

Sebaiknya, jauhilah makanan olahan sebanyak mungkin. Makanan olahan mengandung fosfat yang berefek buruk bagi tubuh. Zat ini bisa melemahkan tulang dan dikaitkan dengan kematian dini.

Seenggaknya terdapat 45 jenis fosfat dalam makanan olahan. Seperti natrium fosfat, kalsium fosfat, atau asam fosfat. Tapinya sebelum membeli makanan olahan, ada benarnya untuk mengecek kandungan makanan itu pada kemasannya.

3. Kurangi gula

Konsumsi gula yang terlalu berlebihan bisa memicu tanda-tanda penuaan pada wajah kita. Misalnya keriput. Hal ini dikarenakan adanya proses glikasi. Yaitu, gula dalam aliran darah yang menempel ke protein dan membentuk molekul berbahaya. Sebutannya advanced glycation end products (AGEs).

4. Bertemanlah

Para studi telah mengunjukkan jikalau “kesepian” sangat berdampak buruk bagi kesehatan kita. Kesepian membuat kita susah menjumpai tantangan hidup, memicu pelepasan hormon stres, yang dari waktu ke waktu menyebabkan cepatnya proses penuaan. Selain itu, kesepian juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button