Lionel Messi resmi menuliskan namanya sebagai pencetak gol terbanyak Argentina sepanjang sejarah di tim nasional dengan total 54 gol dalam 110 pertandingan sejak diawali dengan debutnya pada 17 Agustus 2005. Sebanyak 26 gol disumbangkan dalam laga persahabatan, lima Piala Dunia, 16 di babak kualifikasi, dan tujuh di Copa America.

Pemain berdarah Rosario, Argentina, 24 Juni 1987 itu secara spontan sukses menyetarai rekor Gabriel Bautista dengan 54 gol. Messi sukses mensejajarkan namanya dengan mantan bintang Fiorentina itu setelah ia menyumbangkan satu gol melawan Venezuela pada laga perempat final Copa America Centenario (CAC) 2016.

Gol pada menit 60 itu tercetak lewat aksi satu dua sentuhan dengan Gaitan. Setelah menerima umpan sodoran yang menuju ke kotak penalti, koordinator lapangan dengan mudah mengonversikannya menjadi gol.

Walaupun mampu melangkahi rekor Batigol di pertandingan ini. Pemestaan gol Messi biasa saja, dia hanya mengunjukkan senyuman ke arah penonton sebelum akhirnya merangkul Gaitan. Secara total, bomber Barcelona itu sudah mengoleksi empat gol di Copa America Centenario.

Messi juga mengungguli pengincaran gelar Golden Boot yang melebihi jumlah gol Clint Dempsey dan Philippe Coutinho. Singkat kata, pertandingan itu dimenangkan Argentina dengan agregat 4-1. Selanjutnya atau di semifinal, tim Tango sudah ditunggu tuan rumah Amerika Serikat.

Laga Argentina melawan Amerika Serikat akan berlangsung pada hari Rabu besok. Dan tim bimbingan Gerardo Martino tampaknya ingin memutus paceklik gelar selama 23 tahun di Copa America ini, jadi kemenangan harga mati buat Messi dkk.