Di dalamnya, daun pepaya mempunyai beragam kandungan yang faktanya bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan tersebut diantaranya Tocophenol dan enzim papain. Enzim ini sangat identic dengan getah warna putih yang berperan dalam memecah protein. Tak hanya itu, daun pepaya juga memiliki kandungan lainnya, seperti senyawa fenolik, khimoprotein, dan juga lisozim.

Perlu anda ketahui bahwa rasa pahit yang dimiliki daun pepaya diakibatkan oleh adanya senyawa karpain yang bermanfaat untuk menurunkan demam, meluputkan mikroba, serta mereduksi tekanan darah. Nah, dibawah ini adalah beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Meminimalisir gejala demam berdarah

Salah satu manfaat daun pepaya yang perlu anda ketahui adalah meminimalisir beragam gejala demam berdarah, seperti nyeri sendi, sakit kepala, munculnya ruam kuku, sampai nyeri otot. Tak hanya itu, daun pepaya juga mampu mengurangi gejala menurunnya trombosit.

Di dalam tubuh, manfaat daun pepaya ini akan diperoleh karena jenis tanaman yang satu ini memiliki kandungan enzim papain dan chymopapain yang masing-masingnya mampu membuat jumlah trombosit menjadi lebih normal serta mencegah rusaknya liver yang diakibatkan oleh demam berdarah.

Lebih dari itu, daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk proses pemulihan seseorang dari penyakit berbahaya yang melandanya. Meski rasanya pahit, tapinya jenis tanaman yang satu ini sangat krusial untuk meluputkan penyakit malaria. Untuk itu, ketika anda mengalami penyakit ini, dianjurkan untuk meminum jus daun pepaya.

2. Menjaga kesehatan kulit

Daun pepaya dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang mempunyai rasa pahit, tapinya berkat kandungan vitamin A, C, dan E yang dimilikinya, daun pepaya mampu meluputkan beragam masalah pada kulit, seperti jerawat, pigmentasi berlebih, dan juga kerutan. Tak hanya itu, berkat kandungan vitamin yang dimilikinya itu, daun pepaya juga miliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan khasiat daun pepaya juga dapat diperoleh oleh anda yang tengah sakit haid. Caranya mudah, anda hanya perlu merebus selembar daun pepaya, garam dan asam. Saring, kemudian minum airnya.

3. Mengatasi emphysema

Emfisema adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang juga dapat ditahirkan dengan manfaat daun pepaya. Untuk mencegah penyakit ini, tubuh membutuhkan asupan vitamin D yang optimal dan daun pepaya mampu mencukupi kebutuhan tersebut. Mengasup jus pepaya juga mampu mendetoksifikasi pertumbuhan toksin dan mikroorganisme di dalam tubuh berkat kandungan karpain yang dimilikinya.

4. Merawat rambut

Manfaat daun pepaya tidak hanya dapat diperoleh untuk kesehatan saja, tapinya juga dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut. Caranya, blender daun pepaya menggunakan minyak kelapa dan madu, kemudian balutkan pada bagian rambut secara menyeluruh. Dengan melakukan perawatan rambut ini, maka akan mampu menjadikan rambut lebih berkilau dan meluputkan minyak serta kotoran pada rambut. Tak hanya itu saja, kandungan karpain yang dimiliki sayuran ini mampu menguatkan rambut, sehingga mampu mencegah rambut rontok.

5. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun pepaya juga dapat diperoleh bagi anda para pengidap diabetes. Pasalnya, jenis sayuran yang satu ini tak hanya mampu meminimalisir terjadinya stres oksidatif, tapinya juga mampu merangsang insulin di dalam tubuh serta meregulasinya, sehingga masalah diabetes dapat tersingkirkan. Tak hanya itu, daun pepaya juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya komplikasi, terutama pada kerusakan ginjal.

6. Meningkatkan kadar trombosit

Ketika kadar trombosit di dalam tubuh anda menurun akibat demam berdarah, kekurangan vitamin, maupun setelah menjalani kemoterapi, janganlah ragu untuk mengasup daun pepaya. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa manfaat daun pepaya yang paling mujarab adalah mampu mendongkrak kadar trombosit dengan cepat.